RENUNGAN KATOLIK - INSPIRASI BATIN (SELASA, 9 JANUARI 2024)



RENUNGAN KATOLIK

(INSPIRASI BATIN)

SELASA, 9 JANUARI 2024


Hari Biasa

1Sam. 1:9-20; MT 1Sam. 2:1,4-5,6-7,8abcd; Mrk. 1:21b-28.

BcO Kej 2:4b-25

Warna Liturgi Hijau

RENUNGAN:

Suasana Natal masih terasa sampai sekarang. Hiasan natal baru saja diversihkan bahkan beberapa rumah dan instansi masih menyelenggarakan perayaan natal bersama. Hiasan di ruang pulbik masih menyisakan suasana sukacita Natal dan Tahun Baru. Masing-masing dari kita juga masih merasakan getar pergantian tahun dengan antusiasme, membuat rencana, tekad atau resolusi yang akan dimaknai sepanjang tahun 2024 ini. Aroma Pemilu serentak untuk memilih calon pemimpin Indonesia dari tingkat pusat hingga daerah, juga pemilihan wakil rakyat sesuai partai politik pengusung menjadi keseharian hidup kita. 

Dalam aroma dan nuansa hidup seperti itu, sabda Tuhan pada hari ini yang disampaikan oleh Penginjil Markus memberi peneguhan hidup. Teks ini diawali dengan mukjizat yang dibuat oleh Yesus di Kapernaum dengan kisah orang-orang sakit disembuhkan, termasuk orang lumpuh, dengan kuat kuasa Ilahi. Lewi si pemungut cukai yang dianggap orang berdosa karena pekerjaan juga dipanggil secara istimewa untuk mengikuti-Nya. Tatapan pribadi Tuhan Yesus dan sapaan pribadi bagi Lewi mengubah haluan hidupnya. Kata kunci yang disampaikan sebagai pengajaran bagi kita: "Anggur yang baru hendaknya dituang ke dalam kantong yang baru pula" (Mrk. 2:22). 

Bacaan pertama mengenai ibu Samuel yang mandul mendapat kasih karunia Allah dengan mengandung dan melahirkan anak pada usia yang tidak muda lagi. Hal ini menegaskan campur tangan Allah yang luar biasa dan menjadi sukacita seluruh keluarga dan sanak kerabat. Maka dari itu, anggur baru kehidupan kita dalam aroma gegap gempita pesta Natal dan kemeriahan Tahun Baru, juga suasana politik yang hangat dengan pemilu serentak, tetap perlu kita hidupi dengan kebaruan makna. Menampilkan anggur baru kehidupan dengan pilihan cerdas dan bertanggung jawab bukan sekadar popularitas sesaat. Kita perlu membuat rencana kehidupan yang akan kita tapaki pada tahun 2024 dengan penuh kepercayaan akan penyertaan Tuhan Yesus dengan daya Roh Kudus yang selalu mengarahkan pilihan hidup kita dengan tanda-tanda alam serta pilihan keterlibatan hidup untuk menjaga keutuhan ciptaan dan keselarasannya. (Romo FX. Sukendar , Pr) 

"Orang kagum akan pengajaran Yesus, sebab Ia mengajar sebagai yang berwibawa"

0 Response to "RENUNGAN KATOLIK - INSPIRASI BATIN (SELASA, 9 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel