RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 18 JANUARI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 18 JANUARI 2024

Hari Biasa

Pembukaan Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristen

1Sam. 18:6-9; 19:1-7; Mzm. 56:2-3,9-10a,10b-11,12-13; Mrk. 3:7-12

BcO Kej. 15:1-21.

Warna Liturgi Hijau

Kemudian Yesus dengan murid-murid-Nya menyingkir ke danau, dan banyak orang dari Galilea mengikuti-Nya. Juga dari Yudea, dari Yerusalem, dari Idumea, dari seberang Yordan, dan dari daerah Tirus dan Sidon datang banyak orang kepada-Nya, sesudah mereka mendengar segala yang dilakukan-Nya. Ia menyuruh murid-murid-Nya menyediakan sebuah perahu bagi-Nya karena orang banyak itu, supaya mereka jangan sampai menghimpit-Nya. Sebab Ia menyembuhkan banyak orang, sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepada-Nya hendak menjamah-Nya. Bilamana roh-roh jahat melihat Dia, mereka jatuh tersungkur di hadapan-Nya dan berteriak: "Engkaulah Anak Allah." Tetapi Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia.

Renungan :

Dalam Injil hari ini kita melihat "orang banyak dari Galilea mengikuti Yesus" dan sejumlah besar orang datang dari berbagai tempat mengerumuni Dia. Mereka ingin mendengarkan Dia dan ingin disembuhkan. Dia memerhatikan mereka semua, tanpa kecuali. Kasih memaksaNya untuk menerima banyak sekali orang, bahkan menggunakan perahu untuk tetap bisa bersama mereka. Orang banyak dari berbagai tempat itu berkumpul sebagai satu kawanan yang dipersatukan Kristus. 

Mari sejenak melihat realitas kehidupan beriman kita: di keuskupan kita, paroki kita, wilayah kita, stasi kita, lingkungan kita, dan kelompok-kelompok kategorial kita. Apakah kita benar-benar satu? Tantangan kita adalah agar orang lain dapat melihat kita sebagai komunitas umat beriman yang bersatu, dikumpulkan oleh Roh Kristus di dalam Gereja-Nya. Kita meneladan cara hidup jemaat perdana, "Kumpulan orang yang telah percaya itu sehati dan sejiwa, dan tidak seorang pun berkata bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama" (Kis. 4:32). Kesatuan kita harus tampak sebagai buah Ekaristi, serta buah persatuan pribadi masing-masing dengan Yesus. Sebab kita memakan roti yang sama untuk menjadi satu tubuh dalam Kristus. 

Tuhan, kami bersyukur atas komunitas-komunitas di mana intan kami bertumbuh. Doronglah kami juga agar selalu mengupayakan kesatuan umat beriman dengan kelompok mana pun di dalam Gereja-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 18 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel