RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 27 NOVEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 27 NOVEMBER 2023

Hari biasa

Dan. 1:1-6,8-20; MT Dan. 3:52,53,54,55,56; Luk. 21:1-4.

BcO Yeh. 36:16-36

Warna Liturgi Hijau

Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."

Renungan 

Daniel, Hananya, Misael, dan Azarya adalah pribadi yang berpendidikan; kaum bangsawan yang sungguh setia pada tradisi Yahudi walaupun mereka hidup di Babilonia. Kesetiaan mereka pada iman digambarkan secara apik. Kesetiaan mereka tidak luntur karena kemewahan dan kedudukan yang mereka terima, meskipun selalu saja ada yang memusuhi mereka. 

Demikian juga kita, kedudukan dan kenikmatan hidup yang kita terima hendaknya tidak membuat kita lari dari kebenaran iman dan Tuhan. Kedudukan yang tinggi menuntut tanggung jawab yang besar pula. Karena itu, sudah selayaknya kita tidak hanya mengandalkan kekuatan sendiri, tetapi juga kuasa Tuhan. Dalam setiap kenikmatan yang boleh kita rasakan, perlu kita sadari bahwa semua itu datang dari kasih karunia Tuhan. Kedudukan yang baik dan kenikmatan hidup yang kita terima dari keluarga seharusnya memberi kita waktu yang cukup dan kesempatan yang lebih luas untuk semakin mengenal Tuhan dan kebenaran-Nya. Mari kita tidak henti meneladan Tuhan dalam hidup kita. Dengan demikian, kita akan semakin dekat dan bersatu dengan-Nya. 

Ya Bapa, semoga hati kami tidak terbuai dan mata kami tidak silau oleh kedudukan dan harta duniawi. Ajarlah kami untuk semakin bertumbuh dalam kesetiaan iman dan kebijaksanan hidup. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 27 NOVEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel