RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 14 NOVEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 14 NOVEMBER 2023

Hari biasa

Keb. 2:23-3:9; Mzm. 34:2-3,16-17,18-19; Luk. 17:7-10.

BcO Yeh. 8:1-6a,16-9:11

Warna Liturgi Hijau

"Siapa di antara kamu yang mempunyai seorang hamba yang membajak atau menggembalakan ternak baginya, akan berkata kepada hamba itu, setelah ia pulang dari ladang: Mari segera makan! Bukankah sebaliknya ia akan berkata kepada hamba itu: Sediakanlah makananku. Ikatlah pinggangmu dan layanilah aku sampai selesai aku makan dan minum. Dan sesudah itu engkau boleh makan dan minum. Adakah ia berterima kasih kepada hamba itu, karena hamba itu telah melakukan apa yang ditugaskan kepadanya? Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan."

Renungan :

Tuhan Yesus dengan indah menggambarkan semangat pengabdian tanpa pamrih seorang hamba: siap memprioritaskan kepentingan tuannya dan tidak mengharapkan ucapan terima kasih. "Kami adalah hamba-hamba tak berguna; kami hanya melakukan apa yang harus kami lakukan." Setiap orang yang melayani, entah melayani komunitas ataupun keluarga harus mengembangkan mentalitas seorang hamba. Dalam pelayanan, kita kadang mudah fokus pada diri sendiri: mengeluh lelah, telah melakukan banyak hal baik, merasa perjuangan kita kurang diapresiasi dan mengharapkan penghargaan. Kadang juga kita komplain terhadap pemimpin kita atau rekan pelayanan. Pelayanan yang masih dibayangi sikap mudah komplain akan mudah drop dan akhirnya stop. 

Mari kita melakukan pelayanan di komunitas dan keluarga dengan fokus pada kepentingan mereka yang kita layani: kita tanggalkan segala jasa, pengorbanan dan hal luar biasa yang telah kita lakukan; juga tidak perlu kita mengharapkan sebuah penghargaan ataupun ucapan terima kasih. Seorang pelayan yang baik adalah seorang yang melaksanakan tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya dengan baik, penuh pemberian diri, dan sukacita. 

Ya Bapa Yang Mahakudus, ajarlah kami memiliki hati seorang hamba dalam pelayanan kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 14 NOVEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel