RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 29 NOVEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 29 NOVEMBER 2023

Hari biasa

Dan. 5:1-6,13-14,16-17,23-28; MT Dan. 3:62-67; Luk. 21:12-19.

BcO Yeh. 37:15-28

Warna Liturgi Hijau

Tetapi sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku. Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi. Sebab itu tetapkanlah di dalam hatimu, supaya kamu jangan memikirkan lebih dahulu pembelaanmu. Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu. Dan kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. Tetapi tidak sehelaipun dari rambut kepalamu akan hilang. Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu."

Renungan 

Apa yang dilakukan oleh Raja Babel, Belzyazar, disebut sebagai profanasi benda-benda rohani. Benda-benda suci Bait Allah digunakan untuk kepentingan-kepentingan duniawi bahkan bertentangan dengan nilai dan maksud benda-benda suci itu dibuat. Benda-benda buatan manusia disebut benda suci karena dibuat dengan tujuan khusus, yakni menghormati Allah. Menghormati benda-benda suci berarti menghormati pula tujuan atau maksud benda suci itu dibuat. Benda-benda itu dikhususkan dan dipakai untuk kepentingan-kepentingan relasi dengan Allah. Benda-benda suci bukan jimat yang memberikan daya magis kepada para penggunanya, melainkan sebagai simbol atau lambang kehadiran Allah yang dekat dengan kita. 

Penting bagi keluarga untuk merawat dan memperlakukan benda-benda suci di rumah dengan baik. Ada salib, patung, Kitab Suci, rosario, gambar-gambar suci dalam keluarga kita, yang harus kita rawat dan kita bersihkan dengan sikap hormat. Kita pun tidak boleh menempatkan benda-benda suci itu di tempat yang tidak layak. Atau jika kita sudah tidak menggunakannya lagi dapat kita tempatkan di tempat khusus. 

Penghormatan terhadap benda-benda suci penting untuk memupuk sikap iman akan kehadiran Tuhan yang dekat pada kita. Memperlengkapi anak dengan salib atau rosario dapat membantu anak-anak untuk merasakan kedekatan dengan Tuhan. Tentu, bukan bendanya yang kita agungkan, melainkan intensi benda tersebut dibuat dan kehadiran Allah yang kita rasakan. 

Ya Bapa, semoga melalui benda-benda suci, kami semakin merasakan kehadiran-Mu yang dekat dan menyertai hidup kami. Amin.. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 29 NOVEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel