RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 12 NOVEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 12 NOVEMBER 2023

Hari Minggu Biasa XXXII

Keb. 6:13-17;

Mzm. 63:2,3-4,5-6,7-8;

1Tes. 4:13-18 (panjang)

Mat. 25:1-13.

Warna Liturgi Hijau

Pada suatu hari Yesus mengucapkan perumpamaan ini kepada murid-murid-Nya, "Hal Kerajaan Surga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki. Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana. Yang bodoh itu membawa pelita, tetapi tidak membawa minyak, sedangkan yang bijaksana, selain pelita juga membawa minyak dalam buli-bulinya. Tetapi karena mempelai itu lama tidak datang-datang, mengantuklah mereka semua, lalu tertidur. Tengah malam terdengarlah suara berseru, ‘Pengantin datang! Songsonglah dia!’ Gadis-gadis itu pun bangun semuanya lalu membereskan pelita mereka. Gadis-gadis yang bodoh berkata kepada yang bijaksana, ‘Berilah kami sedikit dari minyakmu, sebab pelita kami mau padam.’ Tetapi yang bijaksana menjawab, ‘Tidak, jangan-jangan nanti tidak cukup untuk kami dan untuk kamu. Lebih baik kamu pergi membelinya pada penjual minyak.’ Tetapi, sementara mereka pergi membelinya, datanglah mempelai, dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama dia ke dalam ruang perjamuan nikah. Lalu pintu ditutup. Kemudian datanglah juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata, ‘Tuan, Tuan, bukakanlah kami pintu!’ Tetapi tuan itu menjawab, ‘Sungguh, aku berkata kepadamu, aku tidak mengenal kamu.’ Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun saatnya.”

Renungan :

Perumpamaan hari ini mengisahkan lima gadis dengan penuh tanggung jawab mempersiapkan lentara dan minyak yang cukup; sementara lima gadis lain mempersiapkan lentara dan minyak menurut perkiraannya sendiri dan minimalis. Sikap minimalis dan mengandalkan pemikiran sendiri itu pada akhirnya menyulitkan diri sendiri dan orang lain. Maka, tidak mengherankan jika mempelai berkata, "Sesungguhnya aku tidak mengenal kamu," yang ditutup dengan nasihat: "Berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya." Nasihat ini mengingatkan bahwa hanya ada satu hal yang membuat kita layak masuk dalam Kerajaan Bapa, yaitu melaksanakan tanggung jawab iman kita. Melaksanakan tanggung jawab iman dapat kita lakukan dengan terus berusaha mengenal Tuhan, menerima sakramen, merasul, dan berdoa. 

Semangat yang minim dalam pelayanan dan tanggung jawab akan merugikan diri sendiri. Dengan semangat seadanya, kita tidak akan bertumbuh dalam keterampilan dan hidup, namun justru merugikan lembaga atau orang yang kita layani dan menyia-nyiakan berkat Tuhan. Pelayanan dan kerja memerlukan tanggung jawab serta kesungguhan kita untuk mengembangkan diri secara maksimal. Dengan memaksimalkan semangat dan potensi diri, kita dapat menjadi orang yang berguna bagi sesama. Lebih dari itu, pada saat yang sama kita juga tengah menghargai diri sendiri. Semua itu hendaknya kita lakukan demi mengagungkan dan memuliakan Tuhan. 

Ya Bapa, rawatlah iman kami sehingga kami dapat semakin mengenal-Mu, melalui penerimaan sakramen, pelayanan, dan berdoa. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 12 NOVEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel