RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 31 OKTOBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 31 OKTOBER 2023

Hari biasa

Rm. 8:18-25; Mzm. 126:1-2ab,2cd-3,4-5,6; Luk. 13:18-21.

BcO Yer. 36:1-10,21-32

Warna Liturgi Hijau

Maka kata Yesus: "Seumpama apakah hal Kerajaan Allah dan dengan apakah Aku akan mengumpamakannya? Ia seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di kebunnya; biji itu tumbuh dan menjadi pohon dan burung-burung di udara bersarang pada cabang-cabangnya." Dan Ia berkata lagi: "Dengan apakah Aku akan mengumpamakan Kerajaan Allah? Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya."

Renungan 

Pengharapan adalah kata yang sering diucapkan oleh orang percaya, namun tidak banyak yang benar-benar mengerti arti dan tujuannya. Mungkin hal ini disebabkan oleh keterbatasaan bahasa Indonesia dalam menerjemahkan kata pengharapan dari bahasa Ibrani atau Yunani. Pengharapan tidak berdiri sendiri, tetapi selalu bersanding dengan iman karena iman membuat orang memilikl pengharapan kepada Allah. Pengharapan sangat berbeda dengan keinginan. 

Menginginkan adalah sesuatu yang kita mau untuk memuaskan diri kita pribadi. Sementara pengharapan adalah sikap dan cara hidup yang mengandalkan apa yang Allah kehendaki. Hidup dalam pengharapan berarti mendasarkan diri pada anugerah keselamatan Allah dalam diri Tuhan Yesus Kristus. 

Setiap kita pasti selalu berharap bahwa perjalanan hidup kita baik-baik saja, tanpa hambatan. Demiklan pun Tuhan selalu ingin kita menjadi kuat seperti rajawali, yang meskipun harus melewati badai, tetapi tetap mampu terbang tinggi. Tuhan tidak pernah membiarkan kita bergumul seorang diri. Dia sangat peduli dan sanggup memberikan pengharapan yang pasti dan tidak pernah mengecewakan. Kita harus yakin bahwa dalam Tuhan pasti ada jalan keluar. Sesulit apa pun persoalan kita, jalan keluar selalu tersedia. Yang perlu diingat, kesulitan bukanlah akhir dari segalanya. Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Filipi menegaskan," Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku." Semoga pengharapan kita tetap bernyala. 

Ya Allah, hidupkanlah selalu pengharapan kami sehingga saat gelombang masalah menerjang, kami tetap percaya Engkau menyediakan jalan. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 31 OKTOBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel