RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 27 OKTOBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 27 OKTOBER 2023

Hari Biasa

Rm. 7:18-25a; Mzm. 119:66,68,76,77,93.94; Luk. 12:54-59.

BcO Yer. 22:10-30

Warna Liturgi Hijau

Yesus berkata pula kepada orang banyak: "Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi. Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi. Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar? Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas."

RENUNGAN

Bacaan Injil hari ini mengisahkan kekecewaan Yesus terhadap orang-orang Farisi yang cenderung suka berkomentar, tetapi tidak bisa membaca tanda kehadiran Kerajaan Allah. Orang Yahudi merasa memiliki pengetahuan yang lebih baik dari bangsa lain. Maka, keegoisan mereka pun sangat tinggi. Akibatnya, mereka tidak mampu melihat kehadiran Allah dalam diri Yesus. Mereka selalu mengharapkan kedatangan Juru Selamat dalam peristiwa-peristiwa besar, tetapi mereka lupa bahwa kehadiran Allah selalu diidentikkan dengan orang-orang lemah, kecil dan sederhana. Begitu juga dengan kita yang hidup pada zaman serba canggih ini. Kita sering tenggelam dalam kesibukan mengurus diri dan lupa terhadap sesama. Kita menjadi orang egois yang hanya memerhatikan diri sendiri. 

Hanya orang yang memiliki kepekaan iman akan mampu melihat dan membaca tanda-tanda zaman yang terjadi. Bila kita mau setia kepada Kristus, kita dituntut untuk mampu membaca kehadiran-Nya dan menjadikan kehadiran Kristus berbicara bagi zaman ini. Orang Kristen mesti menyadari apa yang hidup pada zaman ini sehingga warta Kristus bisa berbicara terhadap kepentingan zaman ini. Semua ini mengandaikan keterlibatan kita dalam situasi dan kondisi zaman ini. Kita juga butuh kerendahan hati untuk dapat melihat tanda-tanda kehadiran Tuhan, yang sungguh nyata dalam hidup kita. Kerendahan hati justru membawa kesabaran bagi kita untuk mampu menilai zaman ini dan mampu menilai mana yang baik dan mana tidak baik. Terlebih kita butuh telinga untuk mendengar, mata untuk melihat dan hati untuk menyimak pesan di balik peristiwa-peristiwa yang ada, sebab Tuhan hadir dalam alam ciptaan dan terlebih khusus dalam sesama. 

Ya Allah, berikanlah kami hati yang peka untuk membaca tanda-tanda zaman ini agar kami boleh mengerti rencana dan kehendak-Mu yang menyelamatkan dunia. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 27 OKTOBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel