RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 25 SEPTEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 25 SEPTEMBER 2023

PEKAN BIASA XXV

Ezr. 1:1-6; 

Mzm. 126:1-2ab,2cd-3,4-5,6; 

Luk. 8:16-18.

Warna Liturgi Hijau

"Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan. Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya."

Renungan :

Satu minggu ke depan kita akan mendengar pemulihan Yerusalem lewat kebaikan orang lain di luar umat Israel. Kita dapat memaknai pemulihan Yerusalem ini secara simbolis. Hidup kita pun akan dipulihkan oleh Tuhan lewat kebaikan orang lain, termasuk mereka yang tidak kita kenal bahkan yang kita benci. 

Tuhan menghendaki supaya kita memerhatikan cara kita mendengar. "Perhatikan cara kalian mendengar" (Luk. 8: 18). Kadang, kita selektif dalam mendengarkan. Kadang, kita hanya ingin mendengarkan mereka yang kita suka. Kita cenderung menutup telinga terhadap mereka yang kita anggap rendah, orang asing dan orang yang kita benci. Padahal, dalam Bacaan Pertama hari ini kita melihat bahwa Tuhan menyampaikan kehendak-Nya lewat seorang di luar umat pilihan, yaitu Raja Koresh, Raja Persia. Itu berarti Tuhan menyampaikan kehendak-Nya kepada kita lewat cara yang kita tidak sangka-sangka. 

Selain itu, kehendak Tuhan berlaku bagi semua orang, sebagaimana Injil hari ini mengibaratkan kehendak Tuhan sebagai pelita yang harus menerangi semua orang. Manakah kehendak Tuhan itu? la menghendaki semua orang selamat dan datang kepada-Nya untuk memuliakan dan mencintai Dia. Kita tidak boleh menyembunyikan kehendak Tuhan ini, tetapi mewartakannya kepada siapa saja agar setiap orang yang mendengarnya mendapat sukacita dari-Nya. 

Ya Bapa, mampukan kami mendengarkan mereka yang berbeda dengan kami. Amin. 


0 Response to " RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 25 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel