RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 16 SEPTEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 16 SEPTEMBER 2023

Peringatan Wajib

St. Kornelius, Paus dan St. Siprianus

1Tim. 1:15-17;

Mzm. 113:1-2,3-4,5a,6-7;

Luk. 6:43-49;

Warna Liturgi Merah

"Karena tidak ada pohon yang baik yang menghasilkan buah yang tidak baik, dan juga tidak ada pohon yang tidak baik yang menghasilkan buah yang baik. Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri tidak memetik buah anggur. Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya." "Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan? Setiap orang yang datang kepada-Ku dan mendengarkan perkataan-Ku serta melakukannya?Aku akan menyatakan kepadamu dengan siapa ia dapat disamakan?, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah: Orang itu menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu. Ketika datang air bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan, karena rumah itu kokoh dibangun. Akan tetapi barangsiapa mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah di atas tanah tanpa dasar. Ketika banjir melandanya, rumah itu segera rubuh dan hebatlah kerusakannya."

RENUNGAN

Kesabaran Tuhan yang dibicarakan Paulus (1 Tim. 1:16) menuntut tanggapan aktif kita. angan sampai kita mengartikan bahwa Tuhan membiarkan kita melakukan apa saja. Tuhan itu sabar supaya kita mempunyai kesempatan berubah: meninggalkan perbuatan buruk dan memperbanyak perbuatan baik. Kita menyalahgunakan kesabaran Tuhan ketika kita menunda waktu untuk berubah. 

Salah satu perubahan yang diharapkan dari kita adalah memiliki sikap sabar. Kita diharapkan semakin sabar terhadap sesama, karena Tuhan telah sabar kepada kita. Sikap sabar itu biasanya dikaitkan dengan lambat dalam berbicara dan marah. Orang sabar memerhatikan kata-kata yang keluar dari mulutnya. Yesus dalam Injil hari ini bicara tentang apa yang keluar dari mulut merupakan luapan hati kita. Kata-kata menggambarkan hati kita. Oleh karena itu, kita perlu menjaga lisan untuk menjadi orang sabar. 

Dalam hidup sehari-hari, kita telah melihat faedah dari kesabaran itu. Kecelakaan bisa dihindari sekiranya orang sabar mengendarai mobil atau motor. Sakit hati, percekcokan dan perkelahian tidak perlu terjadi sekiranya kita sabar mendengarkan dan memahami orang lain. Orang sakit sembuh karena ada yang sabar merawat mereka. Anak-anak bertumbuh dewasa karena ada orang tua yang sabar membesarkan mereka. Para murid berhasil lulus karena ada guru yang sabar mengajar mereka. 

Ya Tuhan, terima kasih karena Engkau telah begitu sabar kepada kami hingga kami tetap hidup dalam kasih-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 16 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel