RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 30 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 30 AGUSTUS 2023

Hari biasa

1Tes. 2:9-13; Mzm. 139:7-8,9-10,11-12ab; Mat. 23:27-32.

BcO Ef. 5:21-33

Warna Liturgi Hijau

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran. Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan. Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu membangun makam nabi-nabi dan memperindah tugu orang-orang saleh dan berkata: Jika kami hidup di zaman nenek moyang kita, tentulah kami tidak ikut dengan mereka dalam pembunuhan nabi-nabi itu. Tetapi dengan demikian kamu bersaksi terhadap diri kamu sendiri, bahwa kamu adalah keturunan pembunuh nabi-nabi itu. Jadi, penuhilah juga takaran nenek moyangmu!

Renungan :

Paulus sungguh bersukacita atas jemaat Tesalonika yang mendengarkan nasihatnya dan hidup sesuai kehendak Allah yang memanggil mereka ke dalam kerajaan dan kemuliaan-Nya. Ucapan syukur Paulus tak kunjung putus bukan hanya karena jemaat ini mendengarkan nasihatnya, namun terlebih juga karena mereka telah menerima firman Allah yang diberitakan bukan sebagai perkataan manusia tetapi sebagai firman Allah yang bekerja di dalam diri mereka yang percaya. 

Keadaan jemaat di Tesalonika tentu berbeda dengan situasi yang dialami orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat. Kalau Paulus memuji jemaat Tesalonika, sebaliknya Yesus mengecam orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat dengan keras. Dari sekian banyak kecaman Yesus, yang patut digarisbawahi adalah kemunafikan mereka. Yesus bahkan menyebut mereka seperti kuburan yang hanya bagus di luar tetapi di dalamnya penuh tulang-belulang dan pelbagai jenis kotoran. Yesus menghendaki orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat menunjukkan kesetiaan mereka kepada Allah secara konsisten. 

Marilah kita belajar dari umat Tesalonika yang sungguh jujur, tidak munafik karena terus-menerus berpusat pada sabda Allah dan percaya betapa Firman Allah juga bekerja di dalam diri kita yang percaya. 

Tuhan, buatlah kami mampu menaati sabda-Mu sehingga menjadi orang yang jujur, tidak munafik dan selalu percaya kepada-Mu. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 30 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel