RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 11 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 11 JULI 2023

PW St. Benediktus Abas (Putih)

BACAAN I: Kej. 32:22-32

MAZMUR : 17:1.2-3.6-7.8b.

BACAAN INJIL: Matius 932-38

Sedang kedua orang buta itu keluar, dibawalah kepada Yesus seorang bisu yang kerasukan setan. Dan setelah setan itu diusir, dapatlah orang bisu itu berkata-kata. Maka heranlah orang banyak, katanya: "Yang demikian belum pernah dilihat orang di Israel." Tetapi orang Farisi berkata: "Dengan kuasa penghulu setan Ia mengusir setan." Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."

RENUNGAN:

Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit (Mat. 9:37). Tuhan mengajak kita menjadi pekerja-Nya di dunia ini. Tuaian yang dimaksud adalah saudara-saudara kita yang memerlukan kasih Allah; mereka yang kesulitan, miskin, sakit, dan papa. Menjadi pemancar kasih Allah adalah tugas yang berat. Karena itu, dalam Injil dikatakan, "Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya la mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." Bahwasanya kita juga perlu pertolongan Tuhan, agar dalam nama-Nya kita dapat menjadi pekerja-pekerja sejati tuaian itu. Bukan semata-mata dengan kekuatan kita sendiri. 

Dalam Bacaan Pertama, dikisahkan Yakub yang sedang bergulat dengan Allah. Allah mengizinkan Yakub untuk menang melawan-Nya, tetapi akhirnya pangkal paha Yakub dipatahkan oleh Allah. Ini merupakan tanda bahwa Yakub tidak dapat hidup dalam kekuatannya sendiri, tetapi harus bersandar sepenuhnya kepada Allah dan hidup dalam ketergantungan pada-Nya. Kita diajak menjadi pemancar kasih Allah dengan setia bersandar kepada Tuhan. Gaya hidup seperti ini adalah gaya hidup Santo Benediktus, yang selalu mengajar para rahibnya untuk berdoa dengan tekun dan menolong sesama yang kesulitan. 

Tuhan Yesus, ajarlah kami kerendahan hati-Mu agar senantiasa bergantung pada kuasa-Mu dan menjadi pewarta kasih-Mu di tengah masyarakat. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 11 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel