RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 7 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 7 JULI 2023

PEKAN BIASA XIII (HIJAU)

Kej. 23:1-4,19;24:1-8,62-67;

Mzm. 106:1-2,3-4a,4b-5;

Mat. 9:9-13:

Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya. Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

RENUNGAN:

Panggilan Matius menjelaskan bahwa Yesus memanggil orang untuk hidup dalam pengalaman kasih Allah. Yesus tidak hanya memanggil mereka yang baik, tetapi juga memanggil mereka yang dicap pendosa. Kuncinya adalah kesediaan dan kerelaan masing-masing pribadi untuk mengubah diri lalu mengikuti jalan dan cara hidup yang ditunjukkan Yesus. 

Yesus sendiri dalam pergaulan-Nya menunjukkan bahwa la terbuka kepada semua orang. la makan bersama orang berdosa, terlibat dalam keprihatinan mereka sebagai pribadi dan mengajak mereka menghayati kasih karunia Allah, Bapa-Nya. Orang yang menyadari dosa dan kelemahannya akan merasakan sapaan Yesus ini. Dalam diri Yesuslah pemenuhan janji Allah kepada manusia yang percaya kepada-Nya seperti Abraham, bapa orang beriman yang dengan sabar dan penuh kepercayaan, percaya pada penyelenggaraan ilahi, sehingga membuahkan hasil ketika Ribka akhirnya bertemu dan menikah dengan Ishak (bdk. Kej. 24:26). Semoga kepercayaan dan penyelenggaraan Ilahi ini juga menjiwai usaha dan perjuangan kita sekarang, serta dengan kesabaran mencapai hasil yang baik sesuai kehendak Allah. 

Ya Allah, buatlah kami semakin percaya kepada kehendak-Mu. Semoga kami dengan penuh kesabaran selalu menyandarkan diri dan mengikuti apa yang Engkau kehendaki sehingga kami hidup dalant kasih-Mu. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 7 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel