RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 12 JUNI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 12 JUNI 2023

PEKAN BIASA X

2Kor. 1: 1-7; 

Mzm. 34:2-3,4-5,6-7,8-9; 

Mat. 5:1-12.

Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Maka Yesuspun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya: "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu."

Renungan :

Menurut Santo Thomas Aquinas, kebahagiaan adalah kebaikan tertinggi. Bila kita sudah memperoleh kebahagiaan, kita tidak akan menghendaki hal-hal lain lagi. Kebahagiaan tidak terletak pada harta karena harta hanyalah sarana untuk hidup bahagia. Kebahagiaan tidak terdapat dalam kehormatan karena kehormatan sangat tergantung pada orang lain yang menghormati kita. Kebahagiaan tidak terletak pada kenikmatan ragawi sebab manusia bisa saja menikmati makan, minum, dan lain-lain sepuasnya, tetapi hatinya terus gelisah karena jiwanya kosong. Menurut Santo Thomas, kebahagiaan manusia terletak pada kesatuan dengan Allah, asal dan tujuan hidup kita. Bersatu dengan-Nya kita akan bahagia sepenuh-penuhnya. 

Seperti kata Paulus dalam Bacaan Pertama, Allah adalah Sumber segala penghiburan, juga dalam penderitaan (ay. 3-4). Sabda Bahagia dalam Injil hari ini menandaskan bahwa bisa jadi dalam hidup di dunia ini kita menderita kemiskinan, kesedihan, kelaparan, atau penganiayaan, namun bila semua itu kita tanggung dalam Allah, kita tidak akan kehilangan kebahagiaan kita. Kita boleh memperoleh seluruh dunia, tetapi jika kita tidak memiliki Allah, kita tidak akan bahagia sepenuhnya. Kita mungkin tidak punya apa-apa, tetapi jika kita memiliki Allah, kita tidak akan kehilangan sumber kebahagiaan kita. Dalam Dia kita ada, hidup, dan bergerak. Sungguh, seperti dikidungkan pemazmur: "Bahagia kuterikat pada Yahwe" (Mzm. 16). 

Ya Allah, kami mau supaya dalam Dikau saja kami berbahagia. Berilah kami hati yang terbuka untuk menerima rahmat-Mu. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 12 JUNI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel