RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 27 JUNI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 27 JUNI 2023

PEKAN BIASA XII (HIJAU)

BACAAN I: Kej. 13:1.5-18

MAZMUR: 15:2-3ab.3cd.4ab.5;

BACAAN INJIL: Markus 7:6.12-14

"Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu." "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

RENUNGAN:

Kita sering meminta atau bahkan menuntut teman dan orang di sekitar kita untuk begini atau begitu. Sebab, menurut kita, itulah yang baik dan seharusnya mereka lakukan. Pertanyaannya: Apakah kita sendiri juga melakukan apa yang baik yang kita tuntut pada orang lain tersebut? Kalau kita menuntut teman untuk tepat waktu, apakah kita sudah tepat waktu? Kalau kita mengharapkan orang lain bersikap ramah, apakah kita sudah ramah pada mereka? Bila kita menuntut orang lain memberikan apa yang menjadi hak kita, kita pun wajib memberikan apa yang menjadi hak mereka. Inilah keadilan dan itulah makna sabda "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka" (ay. 12). 

Dalam bacaan pertama terjadi perkelahian antara para gembala Abram dan para gembala Lot. Mereka berdua memiliki banyak ternak, tetapi ladang penggembalaan di Kanaan terbatas. Agar adil, Abram dan Lot bersepakat untuk berpisah: Abram tetap di Kanaan, sedang Lot pergi mengambil ladang di Lembah Yordan. Tak ada keadilan tanpa kesediaan berbagi. Selama kita bersikukuh mendapatkan semua untuk diri sendiri, selama itu pula keadilan sulit terwujud. Drama harga minyak goreng tahun 2022 Ialu terjadi karena ada pihak yang ingin mendapatkan semua keuntungan bagi diri sendiri, dan mengabaikan kewajibannya pada negara tempat dia berusaha. Jalan keadilan adalah jalan yang sempit, yang tidak semua orang mau melaluinya, padahal itu adalah jalan menuju kehidupan bersama yang damai sejahtera. 

Tuhan, berilah kami keberanian untuk memilih jalan sempit menuju kerajaan-Mu. Semoga kami mau berbagi dengan sesama. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 27 JUNI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel