RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 21 JUNI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 21 JUNI 2023

PEKAN BIASA XI 

PW. St. Aloysius Gonzaga (PUTIH)

BACAAN I: 2Kor. 9:6-11

MAZMUR: 112:1-2.3-4.9

BACAAN INJIL: Injil Matius 6:1-6.16-18

"Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga. Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu." "Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

Renungan :

Kita hidup pada era yang tidak perlu lagi sungkan untuk memamerkan segala sesuatu yang kita lewat media sosial. Semua jenis kegiatan bisa kita upload untuk update status. Kita dianjurkan menjadi percaya diri dan self-assertive alias tidak ragu-ragu untuk membusungkan dada dan bangga akan apa yang kita lakukan. Bila kita membagikan sembako atau memberikan derma kepada warga yang kurang beruntung, kita terbiasa mengeksposnya lewat Instagram, Facebook, dan lain-lain. Jika demikian, apakah sabda Yesus hari ini masih relevan: "Apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu?" (ay. 2). 

Yesus tidak melarang kita memberitakan perbuatan baik yang kita lakukan. Namun, la memperingatkan kita agar tidak jatuh dalam pencarian pujian kosong, seperti orang-orang munafik. Jangan melakukan perbuatan baik hanya demi mencari apresiasi, tepuk tangan atau acungan jempol likes. Dengan mengatakan, "Jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu" (ay.3), Yesus sedang menunjukkan kepada kita cara melatih kerendahan hati dan intensi murni. Orang yang rendah hati dan berintensi murni tetap memberi sedekah meskipun sama sekali tak ada orang yang melihat dan memujinya. Jika ada yang memuji, disyukurinya; tetapi jika tidak pun, sedekah terus ia berikan. Sebab orang yang tulus dan rendah hati percaya "Bapa yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu" (ay. 18). 

Bapa, murnikanlah niat kami dalam mewartakan yang kami lakukan. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 21 JUNI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel