RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 25 MEI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 25 MEI 2023

PEKAN PASKAH VII (PUTIH)

St. Beda Venerabilis

BACAAN I: Kis. 22:30;23:6-11

MAZMUR: 16:1-2a.5.7-8.9-10.11;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 17:20-26

Bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa. Aku juga berdoa untuk orang-orang yang akan percaya kepada-Ku oleh kesaksian mereka ini. Aku mohon, Bapa, supaya mereka semua menjadi satu, seperti Bapa bersatu dengan Aku, dan Aku dengan Bapa. Semoga mereka menjadi satu dengan Kita supaya dunia percaya bahwa Bapa yang mengutus Aku. Aku sudah memberikan mereka keagungan yang Bapa berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita juga satu; Aku dengan mereka, dan Bapa dengan Aku; supaya mereka benar-benar satu. Maka dunia akan tahu bahwa Bapalah yang mengutus Aku, dan bahwa Bapa mengasihi mereka seperti Bapa mengasihi Aku. Bapa, Aku ingin supaya mereka, yang Bapa berikan kepada-Ku, ada bersama-Ku di tempat Aku berada, supaya mereka melihat keagungan-Ku; yaitu keagungan yang Bapa berikan kepada-Ku, karena Bapa mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. Bapa yang adil! Dunia tidak mengenal Bapa, tetapi Aku mengenal Bapa; dan orang-orang ini tahu bahwa Bapa mengutus Aku. Aku sudah menyatakan nama Bapa kepada mereka; dan Aku akan terus berbuat begitu, supaya kasih Bapa kepada-Ku tetap di dalam hati mereka dan Aku bersatu dengan mereka.”

RENUNGAN:

Salah satu hal mengagumkan dari perjalanan para murid Yesus yang dapat kita simak dari Kisah Para Rasul adalah penyertaan Tuhan yang begitu nyata. Dalam berbagai kesempatan, Tuhan selalu hadir, baik melalui malaikat, utusan maupun sabda-Nya yang meneguhkan. Dalam setiap cerita, sangat tampak bahwa kekuatan Tuhanlah yang memampukan para murid begitu setia dan dapat melakukan hal-hal besar. Kisah Santo Paulus yang sedang diadili juga menampakkan hal itu. Pengadilan seakan bukan sebuah momen menakutkan atau penghakiman, karena justru menjadi momen kesaksian dan pewartaan. Ketulusan dan ketegarannya justru mengakibatkan perpecahan karena tidak sedikit orang yang mengakui kebenaran pewartaan Santo Paulus. 

Tuhan Yesus berdoa kepada Bapa supaya di mana la berada, di situ pula semua murid-Nya berada. Kita juga bisa meyakininya secara 'terbalik' bahwa di mana kita berada, Tuhan Yesus selalu menyertai kita. Dalam kisah Santo Paulus dan para rasul, hal itu sudah terbukti. Kita percaya bahwa hal itu pun sudah dan akan selalu terbukti dalam kehidupan kita. 

Ya Tuhan Yesus, mengikuti jalan-Mu tidak selalu mudah. Berilah kami keyakinan teguh bahwa setiap jalan kami, Engkau selalu menyertai dan melindungi. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 25 MEI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel