RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 1 JUNI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 1 JUNI 2023

PEKAN BIASA VIII

Pw. St Yustinus Mrt (Merah)

BACAAN I: Sir. 42:15

MAZMUR: 33:2-3.4-5.6-7.8-9;

BACAAN INJIL: Injil Markus 10:46-52

Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerikho. Dan ketika Yesus keluar dari Yerikho, bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan orang banyak yang berbondong-bondong, ada seorang pengemis yang buta, bernama Bartimeus, anak Timeus, duduk di pinggir jalan. Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" Banyak orang menegornya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!" Lalu Yesus berhenti dan berkata: "Panggillah dia!" Mereka memanggil orang buta itu dan berkata kepadanya: "Kuatkan hatimu, berdirilah, Ia memanggil engkau." Lalu ia menanggalkan jubahnya, ia segera berdiri dan pergi mendapatkan Yesus. Tanya Yesus kepadanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang buta itu: "Rabuni, supaya aku dapat melihat!" Lalu kata Yesus kepadanya: "Pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Pada saat itu juga melihatlah ia, lalu ia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya.

RENUNGAN

Tuhan itu absolut, tetapi pengetahuan manusia tentang Tuhan tidak pernah absolut. Ini mengingatkan bahwa kemampuan manusia untuk mengetahui sangat terbatas. Fatamorgana menunjukkan keterbatasan indra penglihatan sebagai salah satu sumber pengetahuan manusia. Sikap kaum fundamentalis yang meyakini bahwa hanya mereka yang memiliki pengetahuan yang benar tentang Tuhan adalah sebuah arogansi. Arogansi itulah yang membuat mereka tidak mau mendengarkan orang lain, mudah menuduh bahwa yang lain sesat, dan bahkan bernafsu menyingkirkan yang berbeda keyakinan. 

Santo Yustinus, martir, terkenal karena ajarannya tentang logos spermatikos, yakni benih-benih Sabda yang ditemukan dalam kepercayaan non-Kristiani. la yakin bahwa agama Kristiani itu paling benar dan layak diimani, tetapi ia tidak menyangkal bahwa dalam agama-agama lain pun ada benih-benih kebenaran yang layak dihormati pula. Keyakinan semacam ini dapat menjadi dasar bagi sikap toleransi. Bartimeus dalam Injil hari ini mengingatkan kita akan pentingnya kerendahan hati: penglihatan kita terbatas atau bahkan kita masih buta sehingga belum paham sepenuhnya. Maka, kita perlu minta pada Yesus agar mata kita dibuka-Nya sehingga dapat melihat benih-benih kebenaran dalam diri mereka yang berkeyakinan lain. 

Tuhan Yesus, Engkaulah Kebenaran sejati. Bukalah mata kami agar dapat melihat kebenaran dalam diri orang lain. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 1 JUNI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel