RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 18 APRIL 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 18 APRIL 2023

OKTAF PASKAH II (PUTIH)

BACAAN I: Kis. 4:32-37

MAZMUR: 93:1ab.1c-2.5;

BACAAN INJIL: Yohanes 3:7-15

Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh." Nikodemus menjawab, katanya: "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?" Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami. Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi? Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

RENUNGAN:

Ketika berbicara tentang "kelahiran baru dalam Roh", Yesus menjelaskan kepada Nikodemus pentingnya salib dan kebangkitan dengan membandingkan pada peristiwa Musa dan ular tedung di padang gurun. Saat bangsa Israel dipagut oleh ular tedung dl padang gurun karena mereka memberontak terhadap Allah dan Musa, Allah berkata, " Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup" (Bil. 21:8). Ular tembaga ini memiliki kuasa seperti salib Kristus yang rnengalahkan dosa dan kematian dan memberikan kehidupan kekal bagi mereka yang percaya. Yesus yang ditinggikan di salib dan kebangkitan-Nya adalah dasar "kelahiran baru" yang akan dialami mereka yang percaya kepada-Nya. 

Allah tidak hanya menebus kita, tetapi juga mengisi diri kita dengan kehidupan ilahi-Nya dan kuasa yang membuat kita hidup dalam kemuliaan-Nya. Yesus memberikan kita Roh Kudus supaya kita memiliki kekuatan untuk menjadi saksi-Nya, menyebarkan kabar gembira dalam kata dan perbuatan dan tidak pernah malu akan salib Kristus. Dengan Roh Kudus, kita akan hidup benar dalam jalan Allah dan melayani-Nya dalam kekuatan-Nya. Apakah kita sudah menginginkan kehidupan baru dalam Roh? 

Tuhan Yesus Kristus, kematian-Mu membawa kehidupan baru bagi kami. Penuhilah kami dengan Roh Kudus supaya kami mampu berjalan dalam kemerdekaan dan sukacita sebagai anak Allah dan mewarisi hidup abadi. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 18 APRIL 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel