RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 20 APRIL 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 20 APRIL 2023

PEKAN PASKAH II (PUTIH)

Sta. Agnes dr Montepulciono

BACAAN I: Kis. 5:27-33

MAZMUR: 34:2.9.17-18.19-20;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 3:31-36

Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya. Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu. Siapa yang menerima kesaksian-Nya itu, ia mengaku, bahwa Allah adalah benar. Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."

RENUNGAN

Yesus mengatakan kepada para murid-Nya bahwa mereka dapat memercayai apa yang dikatakan-Nya karena Allah Bapa telah menganugerahkan Roh-Nya kepada Yesus dengan tidak terbatas. Fungsi Roh Kudus adalah menyingkapkan kebenaran Allah kepada kita. Saat kita menerima Roh Kudus, Dia memampukan kita untuk mengenali dan memahami kebenaran Allah. Yesus adalah Firman Allah dan Dia memberikan Roh Kudus kepada kita supaya kita dapat mengenal dan hidup sesuai kebenaran-Nya. Kebenaran Allah memiliki konsekuensi dan Allah memberikan kita kebebasan untuk memilih bagaimana kita menanggapinya. Pilihan yang Dia berikan kepada kita memiliki konsekuensi abadi: hidup kekal atau kematian kekal. 

Dalam Perjanjian Lama, Allah menantang umat-Nya: "Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan,... kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya. (UI. 30: 15-20). Tantangan yang sama juga diberikan Yesus kepada para murid-Nya. Jika kita memilih Allah, kita akan mengalami kehidupan yang berasal dari-Nya. Jika tidak, kita mengalami kematian spiritual yang membuat hidup menjadi hampa, jauh dari cinta, damai dan sukacita. Apakah pilihan kita sudah menuju kepada Allah atau justru menjauh dari-Nya? 

Tuhan Yesus, semoga Roh Kudus memenuhi dan mengubah hati dan budi kami supaya dapat memilih kehidupan kekal. Berilah kekuatan untuk mantpu mentilih yang daripada yang jahat. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 20 APRIL 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel