RENUNGAN HARIAN (SABTU, 18 MARET 2023)



RENUNGAN HARIAN

SABTU, 18 MARET 2023

PEKAN PRAPASKAH III (UNGU)

St. Sirilus dr Yerusalem

BACAAN I: Hos. 6:1-6;

MAZMUR: : 51:3-4.18-19.20-21ab

BACAAN INJIL: Lukas 18:9-14

DOA PAGI:

Allah Mahakuasa, hari baru ini Engkau berikan kepada umat-Mu dan aku sungguh mensyukurinya. Bantulah aku untuk sungguh mengenal-Mu sehingga aku boleh memberikan kasih setia melalui pengenalan akan Engkau. Mohon lancarkan usaha pekerjaanku hari ini seturut kehendak-Mu. Amin

RENUNGAN:

Yesus dalam perumpamaan hari ini menegaskan kembali bagaimana cara berdoa. Ia memberi gambaran dengan mengambil sikap doa yang dilakukan oleh orang Farisi dengan pemungut cukai. Yesus melihat bahwa doa orang Farisi tidak dikehendaki Allah karena isi doanya selalu memuji diri sendiri dan menganggap orang lain tidak baik. Sementara Yesus memuji doa pemungut cukai sebagai bentuk doa yang baik karena penuh dengan kerendahan hati.

Kita mungkin sering salah dalam berdoa. Kita berdoa tetapi sebenarnya tidak sedang berdoa. Doa yang benar adalah doa yang rendah hati. Menuji diri dan kehebatan dalam doa tidak akan dibenarkan Allah. Hendaknya kita berdoa seperti pemungut cukai, yang merasa diri penuh dosa dan tak pantas berdiri di hadapan Allah. Sebagai orang yang penuh dosa, kita patut menundukan kepala dan menepuk dada sambil berseru: Tuhan kasihanilah Aku orang yang berdosa ini. Bagaimana doa kita di Masa Prapaskah ini?

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SABTU, 18 MARET 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel