RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 4 MARET 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 4 MARET 2023

PEKAN PRAPASKAH I (UNGU)

St. Kasimirus; B. Humbelina

BACAAN I: Ul. 26:16-19;

MAZMUR: : 119:1-2.4-5.7-8;

BACAAN INJIL: Matius 5:43-48

Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

RENUNGAN:  

Dalam Bacaan Pertama hari ini dikatakan, "Pada hari ini Tuhan Allahmu memerintahkan Engkau melakukan ketetapan dan peraturan; lakukanlah semuanya itu dengan setia, dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu" (UI. 26: 16). Kita diajak melakukan pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab kita dengan setia, dengan segenap hati, dan dengan segenap jiwa. Dengan demikian, kita menghadirkan berkat bagi orang lain dalam peziarahan hidup kita. 

Selanjutnya dalam Injil ditegaskan perihal kasih. Kasih itu tidak cukup dengan kata-kata, tetapi mesti mewujud dalam tindakan yang konkret. Yesus menunjukkan kasih yang konkret itu, yakni "Kasihilah musuhmu, dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu . (Mat. 5:43). Inilah kasih Kristiani, melampaui perhitungan atau kalkulasi benar dan salah. 

Yesus mau kita tidak berhenti pada hal-hal yang normal saja, seperti mengasihi orang yang baik atau yang berjasa terhadap kita. Dia mau kita pergi ke batas terjauh diri kita, yakni mengasihi musuh dan orang-orang yang membenci kita. Yesus sendiri telah menunjukkannya secara konkret. la mengampuni orang-orang yang menyalibkan-Nya. Bagaimana dengan kita: Apakah kita mau mengasihi musuh dan orang-orang yang menganiaya kita? Jangan takut! Tuhan sendiri yang menyertai dan membuka hati kita. 

Ya Tuhan, mampukanlah kami untuk mengasihi sesama kami dengan tulus sampai kami menghadap-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 4 MARET 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel