RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 15 MARET 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 15 MARET 2023

PEKAN PRAPASKAH III (UNGU)

St. Klemens Maria Hofbauer

BACAAN I: Ul. 4:1.5-9

MAZMUR: 147:12-13.15-16.19-20

BACAAN INJIL: Injil Matius 5:17-19

"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

RENUNGAN:  

Dalam mengendarai kendaraan roda empat, sering kali kita memakai sabuk pengaman sekadar supaya tidak ditilang polisi atau sekadar mematuhi aturan. Padahal sabuk itu dibuat untuk menjaga keselamatan kita. Sebagai makhluk sosial dan beriman, sudah selayaknya kita memahami bahwa aturan dibuat untuk membantu kita hidup harmonis, baik dalam masyarakat maupun dalam Gereja. 

Kedatangan Yesus ke dunia pun bukan untuk meniadakan hukum Taurat, melainkan untuk menggenapinya (bdk. Mat. 5:17). Ini sangat berbeda dengan praktik keagamaan yang ada dalam Perjanjian Lama. Yesus mengajak kita semua tidak hanya menuntut seseorang untuk melakukan Hukum Taurat. Akan tetapi, Yesus menghendaki kita melakukan dan mengajarkan segala perintah Tuhan. Beriman bukan sekadar soal kecakapan dalam berdoa dan bersaksi dalam kalimat, melainkan juga soal tindakan konkret dalam kehidupan nyata. Yesus mau menegaskan kepada kita bahwa yang terpenting adalah keselamatan yang datang dari Allah Bapa di surga. 

Ya Tuhan, bantulah kami agar sanggup untuk menghidupi dan mewujudkan iman kami dalam kehidupan nyata di tengah masyarakat. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 15 MARET 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel