RENUNGAN HARIAN (SELASA, 7 FEBRUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN

SELASA, 7 FEBRUARI 2023

PEKAN BIASA V (HIJAU)

St. Rikardus; Sta. Koleta

BACAAN I: Kej. 1:20-2:4a

MAZMUR: 8:4-5.6-7.8-9;

BACAAN INJIL: Markus 7:1-13

DOA PAGI:
Allah Bapa sumber kehidupan, Engkau menciptakan alam semesta dan segala isinya baik adanya. Namun sekarang alam sesmesta ini semakin rusak karena keserakahan manusia. Bantulah aku agar mampu merawat alam sekirarku dengan baik, dan mengajak banyak orang untuk mau menjaga kelestarian alam ciptaan-Mu dengan sebaik-baiknya. Amin.

RENUNGAN:
Dalam Injil hari ini, Yesus menegaskan pandangan-Nya terhadap semua tradisi atau kebiasaan Yahudi. Yesus datang bukan untuk menghilangkan tradisi yang ada. Yesus prihatin terhadap sikap orang-orang Yahudi yang munafik. Mereka seolah takut akan Tuhan, tetapi sesungguhnya hati dan seluruh kehidupannya jauh dari Tuhan.

Tekanan yang berlebihan pada ritus dan adat istiadat leluhur mengakibatkan mereka jatuh pada tataran formalitas belaka da mengabaikan hal yang jauh lebih esensial, yaitu cita kasih yang harus keluar dari kedalaman batin. Kita diajak untuk melayani Tuhan dan sesama sembari memberikan perhatian pada adat istiadat secara seimbang. Butuh hati yang penuh kasih dan bukannya hanya sebatas ucapan bibir berlaka.
"Tidaklah sulit untuk taat ketika kita
mencintai orang yang kita taati"
(St. Ignasius)

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SELASA, 7 FEBRUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel