RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 13 FEBRUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 13 FEBRUARI 2023

PEKAN BIASA VI (HIJAU) 

Sta.Kristina dr Spoleto

BACAAN I: Kej. 4:1-15.25

MAZMUR: 50:1.8.16bc-17.20-21;

BACAAN INJIL: Markus 8:11-13

Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: "Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda." Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang.

Renungan :

Dosa manusia pertama bukanlah peristiwa yang terisolasi, melainkan peristiwa yang mempunyai pengaruh pada orang lain. Dosa manusia bersifat menular. Dosa Adam menular dan menguasai Kain. Karena iri hati bahwa kurban persembahannya tidak diindahkan Tuhan, Kain membunuh Habel, adiknya. Dalam dosa Adam tampak jelas putusnya hubungan manusia dengan Allah. Sementara dalam dosa Kain tampak jelas putusnya hubungan manusia dengan sesama. Selain itu, setiap dosa membawa serta hukuman dari Tuhan, dan juga ketakutan ahwa orang lain akan membalaskan perbuatan yang sama kepadanya. 

Dosa merusak hubungan antarmanusia dan menimbulkan sikap permusuhan serta kecurigaan pada sesama. Dosa menguasai dan menindas manusia. Sengat dosa ialah kematian. Kebangkitan adalah tanda dari surga, yang diberikan Yesus Kristus bahwa Dia mengalahkan dosa dan senjata pamungkasnya, yaitu kematian. Kebangkitan Yesus Kristus adalah tanda bahwa Dia adalah Mesias yang diutus Bapa ke dunia. 

Bapa Yang Maharahim, sadarkanlah kami akan sifat dosa yang menular dan mudah bertambah banyak agar kami dapat menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan tidak menjadi hamba dosa. Teguhkan iman kami pada kebangkitan yang membebaskan kami dari dosa. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 13 FEBRUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel