RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 25 FEBRUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 25 FEBRUARI 2023

HARI SABTU SESUDAH RABU ABU (UNGU)

BACAAN I: Yes. 58:9b-14;

MAZMUR: : 86:1-2.3-4.5-6;

BACAAN INJIL: Lukas 5:27-32

Kemudian, ketika Yesus pergi ke luar, Ia melihat seorang pemungut cukai, yang bernama Lewi, sedang duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi dan meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Dia. Dan Lewi mengadakan suatu perjamuan besar untuk Dia di rumahnya dan sejumlah besar pemungut cukai dan orang-orang lain turut makan bersama-sama dengan Dia. Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat bersungut-sungut kepada murid-murid Yesus, katanya: "Mengapa kamu makan dan minum bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" Lalu jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat."

RENUNGAN:  

Bukan orang sehat yang membutuhkan tabib, melainkan orang sakit." Hanya orang yang mengakui dirinya sakit yang akan mencari dokter. Perlu kerendahan hati untuk berani mengakui keadaan sakit kita dan mencari Obat untuk menyembuhkannya. 

Sering kali, kita menyangkal bahwa kita sakit karena suara hati kita tumpul, atau kita sudah kehilangan kepekaan akan dosa dan pengetahuan kita tentang dosa sangat terbatas. Bisa saja seseorang merasa semuanya baik-baik saja, meskipun dia hidup bergelimang dosa. Karena itu, sering kali Tuhan memberikan "shock-therapy" dengan mengizinkan seseorang jatuh dalam kesulitan yang berat. Masa tobat menuntut kita lebih peka pada bisikan Roh dalam hati sehingga kita sadar bahwa kita membutuhkan seorang tabib. 

Ya Bapa Yang Maharahim, celikkanlah mata hati kami untuk melihat kejahatan dan dosa yang telah kami lakukan agar kami dapat bertobat dan menyadari kebutuhan kami akan Dikau. Jangan biarkan kami terlena oleh kenikmatan dosa dan menjadi bebal hati. Semoga Roh Kudus-Mu memberikan pencerahan pada pikiran dan hati kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 25 FEBRUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel