RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 24 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 24 JANUARI 2023

PEKAN BIASA III 

Pw. St. Fransiskus dr Sales (PUTIH)

BACAAN I: Ibr. 10:1-10

MAZMUR: 40:2.4ab.7-8a.10-11;

BACAAN INJIL: Markus 3:31-35

Lalu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia. Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: "Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau." Jawab Yesus kepada mereka: "Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?" Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

RENUNGAN

Dalam Injil hari ini diperlihatkan bahwa Yesus memperluas makna persaudaraan di antara manusia. Orang yang menjadi ibu, saudara atau saudari, bukan hanya mereka yang memiliki ikatan darah. Akan tetapi, syarat utama untuk menjadi saudara atau saudari Yesus adalah melakukan kehendak Allah. 

Lantas, bagaimana cara melakukan kehendak Allah? Barangkali kita bisa belajar dari salah seorang santo/santa dalam Gereja kita, terutama yang kita peringati hari ini, yaitu Santo Fransiskus dari Sales, uskup dan pujangga Gereja. la sungguh-sungguh menjalam panggilannya sebagai seorang imam dengan menyampaikan khotbah yang penuh kasih sehingga hasilnya sangat menggugah dan mengubah banyak orang. 

Sebagai uskup, ia menyediakan banyak waktunya untuk mendengarkan pengakuan dosa, berkhotbah, dan mengajar. Dia seorang pribadi yang baik dan penuh belas kasih kepada semua orang sehingga ia disenangi di mana pun. Dalam salah satu tulisannya ia mengatakan, "Ukuran untuk mencintai adalah mencintai tanpa ukuran." Karena itu, mari kita mencintai siapa pun tanpa ukuran agar hidup kita berkenan kepada Allah. Dengan demikian, kita melakukan kehendak Allah sehingga kita pantas disebut saudara atau saudari Yesus. 

Ya Yesus, semoga sepanjang hidup, kami pantas menjadi saudara dan saudari-Mu dimana pun kami berada dan ke mana pun kami diutus. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 24 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel