RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 27 JANUARI 2023)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 27 JANUARI 2023

PEKAN BIASA III (HIJAU)

St. Angela Merici

BACAAN I: Ibr. 10:32-39

MAZMUR: 37:3-4.5-6.23-24.39-40;

BACAAN INJIL: Markus 4:26-34

Lalu kata Yesus: "Beginilah hal Kerajaan Allah itu: seumpama orang yang menaburkan benih di tanah, lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu. Bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah, mula-mula tangkainya, lalu bulirnya, kemudian butir-butir yang penuh isinya dalam bulir itu. Apabila buah itu sudah cukup masak, orang itu segera menyabit, sebab musim menuai sudah tiba." Kata-Nya lagi: "Dengan apa hendak kita membandingkan Kerajaan Allah itu, atau dengan perumpamaan manakah hendaknya kita menggambarkannya? Hal Kerajaan itu seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi. Tetapi apabila ia ditaburkan, ia tumbuh dan menjadi lebih besar dari pada segala sayuran yang lain dan mengeluarkan cabang-cabang yang besar, sehingga burung-burung di udara dapat bersarang dalam naungannya." Dalam banyak perumpamaan yang semacam itu Ia memberitakan firman kepada mereka sesuai dengan pengertian mereka, dan tanpa perumpamaan Ia tidak berkata-kata kepada mereka, tetapi kepada murid-murid-Nya Ia menguraikan segala sesuatu secara tersendiri.

RENUNGAN 

Seorang petani membutuhkan proses yang tidak sebentar untuk sampai pada saat panen. Mulai dari menanam benih, merawatnya, dan kemudian memanen. Proses tersebut membutuhkan ketekunan supaya dapat menghasilkan panenan yang cukup baik jumlah maupun kualitasnya. Ketika seseorang menginginkan hasil yang baik, maka ia harus tekun berproses di dalamnya. Rasul Paulus mengingatkan kita pada hari ini untuk bertekun dalam iman kendati ada situasi sulit yang dihadapi, seperti cercaan dan penderitaan. 

Hal yang sama juga ditegaskan Yesus ketika ia memberikan perumpamaan tentang penabur. Penabur menaburkan benih dan merawatnya supaya buahnya masak ketika musim panen tiba. Panenan berlimpah dan berkualitas itulah yang diharapkan. Proses beriman juga membutuhkan ketekunan. Persoalan-persoalan yang dihadapi dalam hidup keseharian di rumah, di tempat bekerja, di Gereja harus dihadapi supaya iman kita semakin berkembang dan hidup kita semakin berbuah, yaitu buah kebaikan yang dapat dinikmati setiap orang. Mari kita bertekun dalam iman dalam aneka pengalaman sehari-hari. 

Ya Bapa, kuatkanlah dan teguhkan iman kami akan Putra-Mu, Yesus Kristus. Dia-lah Tuhan dan Penyelamat kami. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 27 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel