RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 6 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 6 DESEMBER 2022

MASA ADVEN II (UNGU)

St. Nikolaus dr Myra

BACAAN I: Yes. 40:1-11

MAZMUR: 96:1-2.3.10ac.11-12.13-14;

BACAAN INJIL: Matius 18:12-14

"Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat. Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorang pun dari anak-anak ini hilang."

RENUNGAN

Kisah gembala yang meninggalkan 99 ekor dombanya dan mencari satu ekor yang sesat merupakan gambaran Allah Bapa kita yang penuh kerahiman. Kerinduan Allah dan surga tidak lain adalah menemukan jiwa-jiwa dari kesesatan dan dosa. Kegirangan surga tidak lain adalah sebuah pertobatan. Allah Bapa yang mencintai kita bukanlah Allah yang menghukum, melainkan Allah yang selalu membuka pintu surga-Nya untuk sebuah pertobatan dan keselamatan. 

Gambaran Allah Yang Maharahim juga telah diserukan oleh Yesaya dalam bacaan pertama hari ini. Yesaya menegaskan bahwa Allah itu seperti seorang gembala yang menggembalakan ternak-Nya, menghimpunkannya dengan tangan-Nya, serta memangku anak-anak domba-Nya dan menuntun induk domba-Nya. Allah membuka rahmat dan kasih-Nya untuk manusia yang senantiasa mau berseru kepada-Nya. Allah yang kita Imani adalah Bapa yang penuh belas kasih. 

Menyuarakan kerahiman Allah adalah kesempatan pastoral dan kehadiran Gereja dalam kondisi zaman ini yang penuh dengan egoisme, hedonisme, konsumtif dan keserakahan. Gereja dipanggil untuk hadir sebagai gembala baik seperti Bapa, Sang Gembala, dengan kehadiran yang merawat, merangkul, menuntun, dan merengkuh yang terlantar; agar melalui Gereja, orang melihat Allah Bapa yang berbelas kasih. Gereja menghadirkan belas kasih Allah dalam karya-karya nyata bagi mereka yang miskin, tertindas, terpinggirkan, dan difabel. 

Allah Yang Mahabaik, ajarlah kami agar tetap setia pada kehendak-Mu untuk menghadirkan Gereja yang penuh kerahiman dalam kata dan aksi nyata bagi mereka yang tertindas, miskin, dan terpinggirkan. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 6 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel