RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 3 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 3 DESEMBER 2022

PEKAN ADVEN I

Pesta St. Fransiskus Xaverius (Putih);

BACAAN I: 1Kor. 9:16-19.22-23;

MAZMUR: 117:1.2;

BACAAN INJIL: Markus 16:15-20

Lalu Yesus berkata kepada mereka, “Pergilah ke seluruh dunia dan siarkanlah Kabar Baik dari Allah itu kepada seluruh umat manusia. Orang yang tidak percaya akan dihukum. Tetapi orang yang percaya dan dibaptis, akan selamat. Sebagai bukti bahwa mereka percaya, orang-orang itu akan mengusir roh jahat atas nama-Ku; mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang tidak mereka kenal. Kalau mereka memegang ular atau minum racun, mereka tidak akan mendapat celaka. Kalau mereka meletakkan tangan ke atas orang-orang yang sakit, orang-orang itu akan sembuh.” Setelah Tuhan Yesus berbicara dengan mereka, Ia diangkat ke surga. Di sana Ia memerintah bersama dengan Allah. Maka pengikut-pengikut-Nya pergi dan menyebarkan berita dari Allah ke mana-mana. Dan Tuhan pun turut bekerja bersama-sama dengan mereka dan membuktikan melalui keajaiban-keajaiban bahwa pemberitaan mereka benar.

RENUNGAN: 

Kerinduan umat, khususnya umat yang sedang sakit, adalah mendapatkan pelayanan dan kehadiran imam dalam saat-saat kritisnya, yakni bisa menerima Sakramen Pengurapan Orang Sakit. Dalam kondisi seperti itu, kehadiran dan sapaan seorang imam sungguh membuat umat bersukacita dan merasakan kehadiran Kristus sendiri. Tentu ini membutuhkan seorang pelayan yang siap sedia untuk diutus sebagaimana yang diserukan dalam Injil hari ini. 

Sebelum terangkat ke surga, Yesus memberikan wasiat kepada para murid-Nya untuk "pergi" ke seluruh dunia dan membaptis mereka. Apa yang disampaikan Yesus kepada para murid-Nya tidak lain adalah tanggung jawab misi dan pelayanan bagi seluruh dunia untuk menguduskan dunia melalui karya dan pelayanan yang tulus dan ikhlas. Perintah "pergi" bisa dimaknai keluai dari zona nyaman kehidupan kita untuk mendatangi umat, memberikan harapan, meneguhkan, menyembuhkan, dan melakukan karya pengudusan. Ada beragam cara untuk mewujudkannya.

Panggilan pelayanan mewartakan Injil dalam kehidupan tampak juga dalam kehidupan Gereja Perdana. Rasul Paulus dengan tegas mengatakan bahwa kemegahannya ialah dia boleh mewartakan Injil tanpa upah. Bagi Paulus, upah yang terbesar adalah boleh menjadi pewarta Injil. Baginya, mewartakan Injil tidak lain adalah menjadi solider, peduli, terlibat dan hadir dalam persoalan nyata dunia. Apa yang dilakukan Paulus diteruskan oleh St. Fransiskus Xaverius yang kita rayakan pestanya hari ini. Fransiskus Xaverius mengikuti apa yang dimandatkan Yesus kepada para murid-Nya: pergi dan mewartakan injil ke seluruh dunia serta membaptis semua orang dalam nama-Nya. 

Tuhan, ajarlah kami melayani tanpa pamrih dan berilah kami hati yang rela berbagi, terlebih kepada mereka yang miskin, menderita, dan teraniaya. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 3 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel