RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 17 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 17 DESEMBER 2022

PEKAN ADVEN III (Ungu)

Novena Natal hari ke-2

BACAAN I: Kej. 49:2.8-10;

MAZMUR: 72:1-2.3-4b.7-8.17;

BACAAN INJIL: Matius 1:1-17

Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.

RENUNGAN: 

Pada umumnya, orang tua dan keluarga kalau mau menikahkan anaknya terlebih dahulu melihat bibit, bobot, dan bebet calon menantu. Hal ini dilatarbelakangi harapan orang tua untuk memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya, khususnya jodoh. Meskipun ada keyakinan bahwa jodoh sendiri merupakan anugerah Tuhan, tetapi mereka masih "memperhitungkan" sebagai upaya terbaik bagi anaknya. Kesadaran bahwa asal-usul yang baik, kualitas yang mumpuni dan penampilan yang pantas merupakan upaya untuk membuahkan keluarga yang baik pula. Itu alasan mengapa orang peduli dengan calon menantu itu keturunan siapa, dari mana, dan sebagainya. 

Apa yang dialami Yesus dalam silsilah Injil hari ini juga mirip. Harapan akan Mesias dalam tradisi Ibrani adalah Dia yang dilahirkan dari bangsa terpilih. Menarik bahwa dalam silsilah Yesus, Penginjil Matius menulis tidak hanya keturunan Abraham, tetapi juga ada nama Rehab, wanita bukan Yahudi. Juga ada wanita dari Moab, Ruth. Bahkan dalam silsilah Yesus tertulis nama Betseba, keturunan Daud dari istri Uria. Yesus lahir ke dunia dengan membawa darah kemanusiaan sangat komplit. Aneka golongan dan nenek moyang yang juga mengalami kedosaan. Kedatangan Yesus bukan untuk sekadar menghadirkan keluhuran-Nya sebagai Putra Allah, melainkan menebus dosa bagi seluruh bangsa manusia sepanjang sejarah. 

Bapa Yang Berbelas Kasih, semoga kami semakin setia pada kehendak-Mu dan melakukan perintah Putra-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 17 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel