RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 7 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 7 DESEMBER 2022

MASA ADVEN II

Pw. St. Ambrosius Uskp (Putih)

BACAAN I: Yes. 40:25-31

MAZMUR: 103:1-4.8-10;

BACAAN INJIL: Injil Matius 11:28-30

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

RENUNGAN:

Sapaan Yesus kepada mereka yang letih lesu dan berbeban berat untuk datang kepada-Nya bukan sekadar reaksi terhadap situasi bangsa-Nya waktu itu. Apa yang dikatakan Yesus justru untuk mengingatkan kembali maksud kedatangan-Nya ke dunia. Kedatangan-Nya, hidup dan karya-Nya jelas, yaitu untuk menebus segala dosa dan kelemahan kita: segala kelesuan, beban berat, dan penderitaan dunia. 

Apa yang diwartakan Yesus juga pernah diserukan Nabi Yesaya. Yesaya menegaskan babwa Allah tidak akan lelah dan lesu meneguhkan bangsa Israel agar tidak lelah dan lesu dalam menghayati kesetiaan kepada Allah. Apa yang dikatakan Yesaya menjadi tidak bergema lantang karena perilaku orang-orang Farisi dan ahli Taurat dalam menerapkan hukum Allah, bukan menyelamatkan umat melainkan memberikan beban kepada bangsanya demi kemapanan mereka. 

Kehadiran Yesus memberikan teladan bukan peraturan. Yesus mengajak untuk menghayati hukum baru dalam kehidupan sehari-hari. la memberikan rahasianya bagaimana orang bisa menerima beban dan keletihan dengan ringan dan kelegaan. la menghadirkan kemanusiaan dan kebaikan daripada sekadar sebuah peraturan. la mengajarkan sikap lemah-lembut dan rendah hati. Sikap inilah yang mesti kita ikuti, bahwa kehadiran Gereja bukan berhenti pada peraturan dan hukum kaku, melainkan lemah lembut dan rendah hati dalam kesetiaan kepada Allah. Kita percaya, ketika hati yang bertakwa kepada Allah berbicara soal kehidupan, penebusan, kemurahan hati, pasti kelegaan yang terjadi, bukan beban dan penderitaan. 

Tuhan, ajarlah kami menjadi Gereja yang taat kepada Allah dalam kelembutan dan kerendahan hati untuk meringankan beban dan penderitaan banyak orang untuk mencapai keselamatan yang sejati. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 7 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel