RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 25 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 25 DESEMBER 2022

HARI RAYA NATAL

BACAAN INJIL: Lukas: 2:15-20 Natal Fajar

Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita." Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

Renungan

Peristiwa Natal adalah peristiwa kasih Allah kepada manusia. Sang Sabda menjelma menjadi manusia. "Kristus Tuhan sudah lahir di kota Daud." Para malaikat mewartakan kabar sukacita itu bahwa Allah memberikan kegembiraan besar kepada manusia. Nyanyian malaikat berkumandang, karena Sang Raja Damai telah lahir dan hidup bersama seluruh peristiwa hidup manusia. Senyap, gelap, dingin dan sunyinya malam telah dihalau oleh Sang Terang. Dunia bersukacita. Dunia bergembira. Dunia menyanyikan lagu puji-pujian karena Allah telah sempurna menyatakan rencana-Nya. 

Kegelapan sirna karena kelahiran Yesus. Dunia yang hampa diberikan harapan, yaitu Juru Selamat dunia yang telah lahir. Kelahiran-Nya merupakan penggenapan janji Allah, wujud kasih Allah kepada manusia. Nuansa Natal syarat dengan peristiwa kasih, sehingga merayakan Natal tidak berhenti pada bangga akan kasih Allah kepada kita. Menghayati makna Natal berarti kita dipanggil untuk meneruskan tongkat estafet sukacita bagi dunia. Hadir dan terlibat memberikan harapan bagi yang mengalami kegelapan: Itulah Natal. 

Bapa berilah kami kesematan Putra-Mu menjadi tanda pengharapan dalam kegelapan dengan mendatangi dunia untuk memulihkan kehidupan dan membangun manusia yang tertidur dalam gelapnya dosa. Semoga perayaan Natal menjadikan kami sebagai kegembiraan dan pembebasan bagi banyak orang. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 25 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel