RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 1 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 1 JANUARI 2023

HARI RAYA SP MARIA BUNDA ALLAH (PUTIH)

Hari Perdamaian Sedunia

BACAAN I : Bil. 6:22-27

MAZMUR : 67:2-3.5-6.8

BACAAN II : Gal. 4:4-7

BACAAN INJIL: Lukas: 2:16-21

Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka. Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.

Renungan

Pada hari pertama tahun baru ini, pantaslah kita bersyukur atas segala kemurahan dan kebaikan Tuhan karena kita boleh menginjak dan menikmati lembaran baru dalam kalender kita, juga terutama karena tuntunan-Nya dalam mewujudkan resolusi hidup kita sepanjang tahun yang lalu. Sebagai seorang beriman, kita melandaskan syukur dan harapan kita untuk melangkah ke depan dengan bersandar pada Sabda Tuhan sebagaimana Bunda Maria yang hari ini kita rayakan sebagai Bunda Allah. Bunda Maria meletakkan kehidupannya dalam kesatuan dengan Allah dalam diri Yesus Kristus, Putranya. Hidup Maria menjadi lebih berarti karena kebersamaan dan kebersatuannya dengan Yesus. 

Dalam Injil hari ini dikatakan bahwa "ketika genap delapan hari dan la harus disunatkan, la diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum la dikandung ibu-Nya" (Lukas 2:21). Maka, hari ini juga merupakan hari peringatan pemberian nama Yesus. Yesus artinya Allah menyelamatkan. Sebab itu, semoga pada awal tahun ini kita sungguh mendasarkan hidup kita pada tangan Tuhan dan terus berjalan bersama Yesus dalam peziarahan hidup ini. Santa Perawan Maria Bunda Allah merupakan teman seperjalanan kita. 

Ya Tuhan, pada awal tahun ini kami ingin melandaskan hidup kami dalam bimbingan-Mu supaya hidup kami senantiasa dinaungi rahmat baik bagi kami sendiri maupun untuk kami bagikan kepada banyak orang. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 1 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel