RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 22 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 22 DESEMBER 2022

PEKAN ADVEN IV (Ungu)

Novena Natal hari ke 7 

St. Teodorus

BACAAN I: 1Sam. 1:24-28

MAZMUR: 1Sam. 2:1.4-5.6-7;

BACAAN INJIL: Injil Lukas 1:46-56

Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus. Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya; Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa; Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya." Dan Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya.

RENUNGAN  

Banyak orang muda zaman sekarang yang kurang antusias kalau diajak terlibat dalam pelayanan gereja. Bahkan, ada yang tidak mau ke gereja lagi karena takut ditanyai. Lukas dalam Injil hari ini menampilkan sosok Maria yang bersukacita karena dilibatkan dalam karya keselamatan Allah. 

Bagi Maria, dipercaya oleh Allah untuk "melahirkan" Sang Penebus adalah sukacita yang besar. la mengekspresikan sukacitanya dalam pujian yang sering disebut Magnificat. Maria memuliakan Allah karena karya besar Allah dalam dirinya. Nyanyian pujian kemuliaan Maria bergema karena Allah telah membuat harapan umat-Nya terwujud melalui Putra yang akan dilahirkannya. Nyanyian pujian Maria ini juga menyatakan bahwa Allah berpihak kepada mereka yang takut akan Dia, kepada orang-orang rendah, kepada orang-orang miskin, dan kepada "hamba-Nya".

Bagaimana kita menghayati pujian Maria di zaman in? Pertama, mari bersama Bunda Maria kita bersyukur karena rahmat Allah berpihak kepada mereka yang mengandalkan Allah. Kedua, bersama Bunda Maria pula kita diajak untuk menunjukkan keterbukaan akan rahmat itu melalui kerelaan kita menjadi saluran berkat bagi mereka yang miskin, tersingkir, tak berdaya dan difabel sehingga mereka mengalami sukacita. 

Bunda Maria, doakanlah kami kepada Putramu agar kami seperti engkau dengan gembira dan bersukacita mewartakan kemuliaan Allah bagi mereka yang miskin, terpinggirkan, tidak berdaya dan difabel. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 22 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel