RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 30 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 30 DESEMBER 2022

OKTAF NATAL HARI KE 6 (PUTIH)

PESTA KELUARGA KUDUS

BACAAN I: Sir. 3:2-6.12-14

MAZMUR: 128:1-2.3.4-5;

BACAAN II: Kol 3:12-21

BACAAN INJIL: Matius 2:13-15.19-23

Setelah ahli-ahli bintang itu berangkat, malaikat Tuhan menampakkan diri kepada Yusuf di dalam mimpi. Malaikat itu berkata, “Herodes bermaksud mencari Anak itu untuk membunuh Dia. Karena itu bangunlah, bawalah Anak itu dengan ibu-Nya mengungsi ke Mesir. Tinggallah di sana sampai Aku berbicara lagi kepadamu.” Yusuf bangun, dan malam itu juga ia membawa Anak itu dengan ibu-Nya mengungsi ke Mesir. Mereka tinggal di sana sampai Herodes meninggal. Demikian terjadilah apa yang dikatakan Tuhan melalui nabi-Nya, begini, “Aku memanggil Anak-Ku dari Mesir.” Sesudah Herodes meninggal, ketika Yusuf masih di Mesir seorang malaikat Tuhan menampakkan diri lagi kepada Yusuf di dalam mimpi. Malaikat itu berkata, “Orang-orang yang mau membunuh Anak itu sudah meninggal. Karena itu bangunlah, ambil Anak itu dengan ibu-Nya dan kembalilah ke Israel.” Yusuf pun bangun, lalu membawa Anak itu dengan Maria kembali ke Israel. Tetapi kemudian Yusuf mendengar bahwa Arkelaus, putra Herodes sudah menggantikan ayahnya menjadi raja negeri Yudea. Jadi Yusuf takut pergi ke sana. Sesudah ia mendapat petunjuk Tuhan lebih lanjut dalam mimpi, ia pergi ke daerah Galilea. Di situ ia tinggal di kota yang bernama Nazaret. Dengan demikian terjadilah apa yang dikatakan oleh nabi-nabi mengenai Anak itu: “Ia akan disebut Orang Nazaret.”

RENUNGAN 

Hari ini, kita merayakan Pesta Keluarga Kudus. Pesta ini mengingatkan kita akan perjuangan keluarga-keluarga sederhana, khususnya sang ayah dalam masa pandemi Covid- 19. Segala upaya diperjuangkan untuk menghidupi keluarga, khususnya untuk anak-anak mereka. Persis seperti Santo Yusuf, dalam kemiskinan dan ketulusannya berjuang untuk menyelamatkan Yesus dan Bunda Maria. 

Allah tahu Herodes merupakan ancaman bagi bayi Yesus dan Allah tahu bahwa Yusuf sangat miskin, maka Allah mengirimkan orang Majus dan memakai mereka untuk memelihara bayi Yesus. Peristiwa ini juga memperlihatkan kembali kesalehan dan ketaatan Yusuf terhadap perintah Allah. Begitu mendengar Allah berfirman, Yusuf segera mengajak Maria dan bayi Yesus pergi ke Mesir. Setelah Herodes mati, Allah kembali berfirman kepada Yusuf untuk membawa keluarganya pergi ke Nazaret di daerah Galilea, tempat di mana Yesus tumbuh dan memulai pelayanan-Nya. Yusuf tidak hanya taat kepada bimbingan-Nya, tetapi juga melakukan semua perintah-Nya tanpa keraguan sedikit pun. 

Penggenapan rencana Allah bagi keselamatan manusia di dalam Yesus Kristus sepenuhnya adalah karya Allah. Namun, Allah memberikan kesempatan kepada manusia untuk ikut berperan di dalamnya. Lebih indah lagi adalah bahwa Allah selalu memberikan bimbingan-Nya agar manusia berhasil dalam bekerja bersama Allah dan menyediakan segala yang dibutuhkannya. Allah hanya menuntut ketaatan tanpa syarat dari manusia yang dipilih untuk bekerja sama dengan- Nya. Santo Yusuf telah memberikan contoh bagi kita. 

Bapa Yang Yaik, dampingilah kami untuk menjadi pribadi yang taat, sebagaimana Santo Yusuf teladankan kepada kami. Semoga kami juga selalu siap menjadi penyalur rahmat dan berkat-Mu Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 30 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel