RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 2 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 2 DESEMBER 2022

PEKAN ADVEN I (UNGU)

Sta. Bibiana

BACAAN I: Yes. 29:17-24

MAZMUR: 27:1.4.13-14;

BACAAN INJIL: Matius 9:27-31

Yesus pergi dari situ dan di tengah jalan dua orang buta mengikuti Dia. Mereka berteriak, “Anak Daud, kasihanilah kami!” Ketika Yesus masuk ke dalam rumah, kedua orang buta itu datang kepada-Nya. Yesus bertanya kepada mereka, “Apa kalian percaya bahwa Aku dapat menyembuhkan kalian?” “Percaya, Pak!” jawab mereka. Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata, “Karena kalian percaya, jadilah apa yang kalian harapkan.” Maka mereka bisa melihat. Yesus memperingatkan mereka dengan tegas, supaya jangan memberitahukan hal itu kepada siapa pun. Tetapi mereka pergi dan menyiarkan berita tentang Yesus ke seluruh daerah.

Renungan 

Dalam situasi pandemi saat ini, banyak terjadi krisis sosial bahkan krisis iman. Banyak orang mempertanyakan Allah Yang Mahabaik dan Mahakuasa. Pengalaman kegelisahan dan ketidakberdayaan juga dialami Israel dalam kisah Yesaya hari ini. Namun, di balik kegelisahan, Yesaya tetap memberikan harapan kepada Israel bahwa Allah akan memberikan rahmat-Nya dengan aneka berkat: orang bisu bisa berbicara, orang tuli bisa mendengar, dan orang buta bisa melihat. Allah tidak membiarkan umat-Nya berada dalam penderitaan. 

Janji Allah itu secara sempurna digenapi Yesus dengan men.yembuhkan dua orang buta. Peristiwa penyembuhan tersebut bukan sekadar sebuah mukjizat, melainkan suatu pengalaman iman bahwa kepercayaan kepada kehendak Allah dalam Yesus itulah yang memberikan kesembuhan dan kedamaian bagi si buta, sehingga mereka menjadi orang-orang yang memuliakan Allah. Benar bahwa landa hati yang damai tidak lain adalah kemampuan untuk memuliakan Allah dalam situasi apa pun. 

Gereja yang merupakan tanda kehadiran Kristus juga memiliki tugas yang sama untuk senantiasa meyakinkan bahwa janji Allah akan keselamatan tetap berjalan. Cara Gereja untuk meyakinkan akan janji Allah itu, khususnya dalam situasi sulit ini - tidak lain adalah dengan hadir dalam aneka situasi sosial. Kehadiran Gereja dan pendampingan pastoral dalam masa pandemi, misalnya, memberikan peneguhan sehingga umat tetap gembira dan merasakan damai bersama Allah karena percaya bahwa Gereja menghadirkan Kristus. 

Allah Yang Maharahim, dampingilah selalu Gereja-Mu agar senantiasa hadir dan menyertai umat-Mu dalam peziarahan di bumi ini sehingga tetap setia untuk mencapai Kemah Abadi di surga. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 2 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel