RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 16 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 16 DESEMBER 2022

PEKAN ADVEN III (UNGU)

St. Sturminus; Sta. Teofanu 

BACAAN I: Yes. 56:1-3.6-8

MAZMUR: 67:2-3.5.7-8;

BACAAN INJIL: Yohanes 5:33-36

Kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes dan ia telah bersaksi tentang kebenaran; tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan. Ia adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu. Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.

Renungan :

Selama masa pandemi umat dimanjakan dengan tayangan keagamaan dalam aneka bentuk: misa, khotbah, pendalaman iman ataupun pengetahuan agama. Secara pengetahuan dan pemahaman, hidup iman umat disegarkan. Karena pembatasan sosial, maka kekayaan spiritualitas tersebut tidak sempat diwujudkan dalam tindakan keseharian Gereja. Meski demikian, aksi kasih dan pewartaan akan Kerajaan Allah tidak kendor. Banyaknya orang yang tergerak berpartisipasi dalam banyak macam aksi sosial yang digalang melalui media sosial membuktikan bahwa kesaksian, pelayanan dan solidaritas kemanusiaan tetap tumbuh. Entah apa motivasinya, yang pasti sebagai orang beriman, amal kasih kita itu adalah wujud kesetiaan akan panggilan dan perutusan Kristus kepada umat-Nya untuk saling mengasihi seperti Bapa telah lebih dahulu mengasihi kita. 

Sebagaimana ditegaskan dalam Injil Yohanes: Karya dan hidup Yesus adalah pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Nya untuk dijalankan. Pekerjaan Yesus bukan sekadar kegiatan kebaikan dan juga bukan aktivitas yang menghebohkan. Pekerjaan yang dilakukan Yesus tidak lain adalah melakukan kehendak Allah, sehingga tidak membutuhkan pengakuan manusia. Apa yang dilakukan-Nya merupakan wujud kesetiaan dan kesatuan dengan Allah, Bapa-Nya. 

Kehadiran Gereja dalam bentuk apa pun, termasuk karya sosial, bukan sekadar kegiatan kemanusiaan. Gereja mewujudkan mandat Yesus sendiri bahwa apa yang dilakukan merupakan wujud kesatuan dengan-Nya dalam hidup, karya, dan perutusan. Sehingga, aktivitas Gereja dan umat Allah menjadi jalan kesaksian bagi kemuliaan Allah. Sama dengan perutusan kongregasi, karya dimaksudkan untuk menghadirkan spiritualitas kongregasi, bukan sekadar kegiatan sosial. 

Bapa, gerakkanlah kami untuk mewujudkan kehendak-Mu dalam aktivitas dan kehidupan kami sehingga nama-Mu semakin dintuliakan di bunti. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 16 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel