RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 14 NOVEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 14 NOVEMBER 2022

PEKAN BIASA XXXIII (Hijau)

St. Yosef Maria Piagnatelli;

BACAAN I: Why. 1:1-4; 2:1-5a

MAZMUR: 1:1-4b;

BACAAN INJIL: Lukas. 18:35-43

Waktu Yesus hampir tiba di Yerikho, ada seorang buta yang duduk di pinggir jalan dan mengemis. Waktu orang itu mendengar orang banyak lewat, ia bertanya: "Apa itu?" Kata orang kepadanya: "Yesus orang Nazaret lewat." Lalu ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" Maka mereka, yang berjalan di depan, menegor dia supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!" Lalu Yesus berhenti dan menyuruh membawa orang itu kepada-Nya. Dan ketika ia telah berada di dekat-Nya, Yesus bertanya kepadanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang itu: "Tuhan, supaya aku dapat melihat!" Lalu kata Yesus kepadanya: "Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Dan seketika itu juga melihatlah ia, lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Allah. Seluruh rakyat melihat hal itu dan memuji-muji Allah.

Renungan :

Wabah covid-19 sudah merenggut jutaan nyawa warga dunia. Wabah ini bukan hanya berdampak pada kesehatan, melainkan juga perekonomian dunia. Begitu banyak perusahaan gulung tikar, akibatnya terjadi pengangguran di mana-mana. Muara dari krisis ini juga berdampak pada kehidupan beragama, termasuk kehidupan menggereja. Singkatnya, dunia dan gereja saat ini sementara sakit. Gereja dan dunia butuh disembuhkan. Maka, kisah Injil hari ini sangat relevan dengan situasi saat ini. Seperti orang yang buta berteriak minta tolong: Yesus anak Daud, kasihanilah aku, demikian juga saat ini, begitu banyak orang yang berteriak minta tolong untuk dibebaskan dari situasi rumit dan sulit ini. Si buta dipuji oleh Yesus karena ia memiliki iman yang kuat: "Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau." 

Pertanyaan untuk kita jawab: Masihkah kita percaya dan yakin bahwa Yesus akan 'menyembuhkan' penyakit kita? Yakinkah kita bahwa Yesus akan memberikan solusi yang tepat akan persoalan hidup kita saat ini? Iman akan Yesus benar-benar diuji di masa pandemi ini. Inilah tugas Gereja untuk mendampingi umatnya agar mereka tidak putus harapan, tidak kehilangan imannya dan akhirnya mereka bisa berserah diri dan melibatkan Tuhan dalam setiap pergumulan hidup mereka. Semoga mukjizat kesembuhan si buta kembali terjadi di masa pandemi ini, sehingga "seluruh rakyat melihat hal itu dan memuji-muji Allah" (Luk. 18: 43). 

Ya Allah, tambahkan iman kami, agar kami seperti si buta yang mau menyandarkan sepenuhnya hidup kami ke dalam tangan-Mu, sehingga kami mampu melihat kembali kebesaran dan kemuliaan nama-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 14 NOVEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel