RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 22 NOVEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 22 NOVEMBER 2022

PEKAN BIASA XXXIV

Pw. Sta. Sisilia, Prw Mrt; St. Filemon

BACAAN I: Why.14:14-20

MAZMUR: 96:10.11-12.13;

BACAAN INJIL: Lukas 21:5-11

Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus: "Apa yang kamu lihat di situ?akan datang harinya di mana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan." Dan murid-murid bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?" Jawab-Nya: "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka. Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera." Ia berkata kepada mereka: "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.

RENUNGAN

Renungan :

Dalam Injil hari ini, Yesus juga mengingatkan umat perihal penyesatan. Diawali peringatan akan kemegahan hal-hal duniawi, katanya: "Apa yang kamu lihat di situ, akan datang harinya di mana tidak ada satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain, semuanya akan diruntuhkan." Peringatan ini mengingatkan kepada kita, jangan sampai kita gampang terbuai dengan kemegahan duniawi (indahnya bangunan bait Allah yang dihiasi dengan berbagai batu yang indah dan berbagai jenis barang persembahan). Maka, tepatlah kalau Yesus mengingatkan kepada kita: "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai namaKu dan berkata, 'Akulah Dia, dan 'saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka"(Luk. 21: 8). 

Penyesatan terjadi di mana-mana, juga di kalangan umat Kristiani. Berapa banyak para pengkotbah atau evangelis yang menjual Yesus demi kepentingan pribadi atau keluarga? Berapa banyak orang yang 'memanfaatkan' ketidaktahuan atau kebaikan hati Gereja yang mempunyai dana 'tak terpakai', yang akhirnya bisa ditilep dengan modus investasi atau saham, dan berapa banyak penyimpangan-penyimpangan yang dibuat oleh beberapa kaum berjubah dalam tata kelola keuangan dan harta benda gerejawi? Jangan-jangan kita termasuk orang yang terlibat di dalam penyesatan dan penyimpangan ini. Saatnya kita kembali ke jalan-Nya untuk menata dan menjaga agar Gereja tetap menjadi tempat yang membawa pembaruan dan kabar sukacita bagi dunia. 

Ya Allah, semoga penyesatan-penyesatan yang terjadi di sekitar kami semakin memurnikan diri kami. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 22 NOVEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel