RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 24 NOVEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 24 NOVEMBER 2022

PEKAN BIASA XXXIV (HIJAU)  

St. Krisogonus

BACAAN I: Why. 18:1-2.21-23

MAZMUR: 100:2.3.4.5;

BACAAN INJIL: Injil Lukas. 21:20-28

"Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat. Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota, sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis. Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini, dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu." "Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat."


RENUNGAN 

Dalam Iniil hari ini, Yesus mcnubuatkan tentang runtuhnya Yerusalem (ay. 2024) dan Kedatangan Anak Manusia (ay. 25-28) sebagai tanda akhir zaman. Apakah kita percaya bahwa dunia seperti yang kita tahu ini akan berakhir seperti yang dinubuatkan Yesus? Nubuat Yesus tentang kehancuran kota suci Yerusalem, kehancuran dunia, dan hari penghakiman terakhir, bukanlah hal baru bagi bangsa Israel. Para nabi telah menubuatkan peristiwa-peristiwa ini berabad-abad sebelumnya. "Sungguh, hari TUHAN datang dengan kebengisan, dengan gemas dan dengan murka yang menyala-nyala, untuk membuat bumi menjadi sunyi sepi dan untuk memunahkan orang-orang yang berdosa" (Yesaya 13: 9-13). 

Ketidakpedulian dan penolakan terhadap Injil menyebabkan kehancuran. Yesus memperingatkan kehancuran Yerusalem yang segera tiba sebagai konsekuensi dari penolakan terhadap Injil. Yesus juga berbicara tentang penghakiman di akhir zaman. Hanya kebutaan rohani yang dapat mencegah kita dari mengenali tanda- tanda nyata akan datangnya bencana yang menanti hari penghakiman bagi mereka yang menolak untuk mengindahkan rahmat dan keselamatan Allah. Yesus benar-benar bicara jujur tentang situasi yang akan menimpa umat Israel. Dia juga memberi tahu murid-murid-Nya berapa harga dan ongkos yang harus ditanggung untuk mengikuti-Nya. Apa pun risiko mengikuti-Nya, Dia berjanji bahwa Dia tidak akan pernah meninggalkan mereka sendirian, bahkan di masa kesusahan mereka. "Tidak sehelai pun dari rambut kepalamu akan hilang" (Luk 21 : 18). 

Ya Allah, penuhilah kami dengan rasa syukur atas karunia penebusan-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 24 NOVEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel