RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 17 NOVEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 17 NOVEMBER 2022

PEKAN BIASA XXXIII  

Pw. Sta. Elizabeth dr Hungaria (Putih);

BACAAN I: Why. 5:1-10

MAZMUR: 149:1-2.3-4.5-6a.9b;

BACAAN INJIL: Injil Lukas. 19:41-44

Dan ketika Yesus telah dekat dan melihat kota itu, Ia menangisinya, kata-Nya: "Wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! Tetapi sekarang hal itu tersembunyi bagi matamu. Sebab akan datang harinya, bahwa musuhmu akan mengelilingi engkau dengan kubu, lalu mengepung engkau dan menghimpit engkau dari segala jurusan, dan mereka akan membinasakan engkau beserta dengan pendudukmu dan pada tembokmu mereka tidak akan membiarkan satu batupun tinggal terletak di atas batu yang lain, karena engkau tidak mengetahui saat, bilamana Allah melawat engkau."

Renungan :

“Menangis" selalu dihubungkan dengan perasaan sedih ataupun kekecewaan. Air mata sering kali dimaknai sebagai ungkapan kesedihan dan kekecewaan seseorang. Begitulah tema bacaan-bacaan hari ini. Rasul Yohanes dalam Kitab Wahyu mensharingkan penglihatannya bagaimana ia begitu sedih karena orang-orang tidak mampu membuka gulungan Kitab, "Menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya" (Why. 5:4). Ada kesedihan, ada kekecewaan terekspresi dari kutipan ini: semua orang dianggap tidak layak. Tetapi hati Yohanes berubah menjadi sukacita ketika dinyatakan bahwa Singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud telah menang sehingga la dapat membuka gulungan Kitab itu dan membuka ketujuh meterainya (Why. 5: 5). Siapa sosok tunas Daud itu? Tidak lain adalah Yesus sendiri. Dialah yang layak membuka gulungan kitab itu. Dialah yang menghalau segala kesedihan dan air mata. 

Dalam Injil, Yesus yang menangisi Yerusalem. Mengapa Yesus menangisi Yerusalem? Orang Yahudi tahu bahwa situasi Yerusalem saat Yesus masuk kota itu adalah situasi damai dan tidak ada peperangan. Mereka tidak sadar akan bahaya yang mengancam mereka. Tetapi Yesus tahu bahwa kota ini akan hancur dalam waktu yang tidak lama lagi. Maka, Yesus menyerukan pertobatan dan pengampunan untuk mengingatkan umat Israel akan hari depan mereka. Yesus mengajak umat Israel untuk bertobat. Tetapi seruan tobat dan pengampunan dosa tidak mereka anggapi, bahkan mereka menyalibkan dan membunuh Yesus. Yesus menangisi kebebalan Yerusalem. Yesus mencintai mereka, tetapi mereka membalas dengan menghukum mati Yesus. Ini yang membuat Yesus sedih, sampai Dia menangis. Jangan-jangan kita pun termasuk orang-orang yang ditangisi oleh Yesus, karena Yesus menemukan kebebalan hati kita, Yesus melihat kita yang sering kali mengklaim diri sebagai murid Yesus, membanggakan diri sebagai aktivis, tetapi sering kali pula kegiatan dan aktivitas kita hanya untuk menutupi kekurangan dan dosa kita. 

Ya Allah, gerakkanlah hati kami untuk hidup sesuai hati nurani kami, sehingga kami selalu menjadi sarana untuk membagikan sukacita dan pujian kemuliaan. Amin.  


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 17 NOVEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel