RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 1 DESEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 1 DESEMBER 2022

PEKAN ADVEN I 

Pw. B. Dionisius & Redemptus

BACAAN I: Yes. 26:1-6

MAZMUR: 118:1.8-9.19-21.25-27;

BACAAN INJIL: Injil Matius 7:21.24-27

“Tidak semua orang yang memanggil Aku, ‘Tuhan, Tuhan,’ akan menjadi anggota umat Allah, tetapi hanya orang-orang yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di surga. “Nah, orang yang mendengar perkataan-Ku ini, dan menurutinya, sama seperti orang bijak yang membangun rumahnya di atas batu. Pada waktu hujan turun, dan air banjir datang serta angin kencang memukul rumah itu, rumah itu tidak roboh sebab telah dibangun di atas batu. Dan orang yang mendengar perkataan-Ku ini, tetapi tidak menurutinya, ia sama seperti orang bodoh yang membangun rumahnya di atas pasir. Pada waktu hujan turun, dan air banjir datang serta angin kencang memukul rumah itu, rumah itu roboh. Dan kerusakannya hebat sekali!”

RENUNGAN:

Pandemi yang terjadi sejak Maret 2020 memberi aneka warna dalam penghayatan hidup beriman dan beragama. Salah satuya adalah agama dijadikan alat untuk memprovokasi dan mencari kepentingan baik pribadi maupun golongan. Banyak orang berteriak: Tuhan, Tuhan, Tuhan. Namun, mereka bukannya mewujudkan kehendak Tuhan, melainkan mencari kesempatan atas nama Tuhan untuk kepentingan diri dan kelompoknya. 

Dalam Injil hari ini, Yesus menegaskan bahwa bukan mereka yang berteriak-teriak: Tuhan, Tuhan, yang akan masuk Kerajaan Allah. Bagi Yesus, orang yang hanya berhenti pada "teriakan" Tuhan, Tuhan, itu sama seperti orang yang membangun rumah di atas pasir. Rumah rohaninya menjadi labil, ketika ada angin dan badai bisa roboh karena tidak bertumpu pada batu cadas. Hidup rohani yang bersumber pada penghayatan di mana menyebut Tuhan disertai tindakan nyata: kasih, kepedulian, bela rasa, adil dan menebar damai - sama artinya membangun rumah di atas batu. Rumah rohaninya akan aman karena batu-batu rohani menjadi tumpuannya. Persis apa yang dikatakan Nabi Yesaya: bahwa Kota Yehuda akan kuat karena hatinya teguh dijaga oleh damai sejahtera Allah. 

Membangun rumah rohani di atas batu cadas adalah mempercayakan hidup kita dalam doa. Dari doa itu kemudian dengan penuh sukacita melakukan kehendak Allah dalam praktik hidup sehari-hari dengan damai sejahtera, keadilan, dan belas kasih. ltulah rumah rohani yang akan kokoh menghadapi badai sampai pada kesudahannya, sehingga kita akan sampai pada rumah rohani abadi sesungguhnya. 

Tuhan, bantulah kami dalam hidup sehari-hari agar mampu menyusun rumah rohani kami dengan batu keadilan, kejujuran, dan belas kasih sehingga amanlah rumah kami sampai kesudahannya. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 1 DESEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel