RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 25 NOVEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 25 NOVEMBER 2022

PEKAN BIASA XXXIV (Hijau)

Sta. Katarina

BACAAN I: Why. 20:1-4.11-21:2

MAZMUR: 84:3.4.5-6a.8a;

BACAAN INJIL: Lukas 21:29-33

Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu."

Renungan 

Yesus dalam Injil hari ini juga menyatakan penghiburan yang luar biasa bagi segenap orang beriman. Penghiburan ini disampaikan Yesus dalam konteks pengajaran-Nya tentang akhir zaman, yakni saat kedatangan Anak Manusia. Digambarkan bahwa fenomena akhir zaman itu sangat menakutkan. Yesus tahu bahwa mereka yang mendengar pengajaran ini pun akan merasakan betapa dalamnya ketakutan itu. Karena itulah, Yesus mengemukakan penghiburan agar orang-orang beriman tidak tenggelam dalam ketakutan dan ketidakpastian, melainkan dengan mengandalkan imannya, mereka berharap dan percaya bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. 

Bagi kita, tanda-tanda sebelum akhir zaman tiba adalah suatu peringatan keras yang harus kita tanggapi dengan serius agar membenahi segala sesuatu yang belum menyelesaikan tugas dari Tuhan dan memperbaiki segala kelakuan buruk yang tidak berkenan di mata Tuhan. Kita mesti percaya kepada segala perkataan Yesus yang tidak akan pernah berubah sampai selama-lamanya. Perkataan Yesus bukan hanya janji, tetapi juga segala nasihat, pengajaran, dan teguran-Nya harus kita turuti/lakukan dengan setia. Apakah tanda-tanda menjelang akhir zaman menyadarkan kita untuk segera membenahi dan memperbaiki sikap hidup agar seturut perkataan Yesus dan sesuai kehendak-Nya? 

Ya Allah, semoga kami semakin peka melihat tanda-tanda kehadiran Anak Manusia di tengah kami. Gerakkanlah hati kami untuk siap berubah dan berbenah sehingga ketika Anak Manusia hadir untuk kedua kalinya kami didapatinya berjaga-jaga. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 25 NOVEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel