RENUNGAN HARIAN (SENIN, 17 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

SENIN, 17 OKTOBER 2022

PEKAN BIASA XXIX 

Pw. St. Ignatius dr Antiokia (Merah)

BACAAN I: Ef. 2:1-10

MAZMUR: 100:2-5;

BACAAN INJIL: Lukas. 12:13-21

DOA PAGI:

Allah Bapa Mahabaik, syukur atas kasih-Mu yang menyelamatkan. Engkau manjauhkan kami dari pelanggaran, serta membawa kepada terang kehidupan yaitu, Kristus Yesus. Semoga bukti cinta-Mu melalui Kristus mampu aku lakukan dalam perbuatan-perbuatan baik bagi-Mu dan sesama. Amin

RENUNGAN:

WASPADA TERHADAP KETAMAKAN 

Menjadi seorang yang kaya adalah hak setiap orang. Supaya mencapai tingkat hidup yang demikian, orang bekerja keras supaya impiannya itu tercapai. Kepada orang-orang seperti ini tentu patut diapresiasi. Ada juga orang yang ingin menjadi kaya dengan cara-cara kotor dan licik, misalnya dengan cara menipu, mencuri, dan cara-cara melanggar etika Iainnya. Ada juga yang mau menjadi kaya dengan cara melanggar hukum, seperti melakukan korupsi dan ini pasti merugikan kepentingan masyarakat banyak. Tentu saja cara-cara kotor dan licik serta dengan cara melanggar hukum dalam meraih kekayaan merupakan perbuatan kejahatan yang patut ditindak secara tegas sesuai hukum yang berlaku. Dalam kacamata iman, perbuatan seperti ini adalah perbuatan dosa. 

Pada hari ini, Yesus mengingatkan kita bahwa hal yang paling berharga dalam hidup ini bukanlah banyak rumah, mobil, tanah, dan tabungan, melainkan jiwa yang baik. "Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kau sediakan, untuk siapakah itu nanti? Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah". 

Kita memang diberi kebebasan untuk mengisi hidup ini dengan bekerja dan mengumpulkan harta untuk mendukung kehidupan kita. Namun, hidup kita jangan sampai terbelenggu oleh harta, apalagi harta yang kita miliki menjadi sumber dosa. Berbagai berkat yang Tuhan berikan kepada kita, hendaknya kita terima dengan rendah hati, kita sikapi secara bijaksana, dan kita pergunakan untuk kebaikan 

bersama. Kita bersyukur kepada Tuhan karena la senantiasa mendampingi hidup kita dengan berbagai macam rezeki. Semakin banyak berkat Tuhan yang kita terima sudah semestinya kita semakin murah hati, suka berbagi, dan ringan tangan dalam membantu saudara atau sesama yang sedang mengalami penderitaan. Kita pun juga harus semakin rajin dalam kegiatan lingkungan, wilayah, dan paroki serta peduli dengan lingkungan hidup di sekitar.

"Lebih baik diam dan menjadi sesuatu, daripada 
berbicara dan tidak menjadi apa-apa"

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SENIN, 17 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel