RENUNGAN HARIAN (SABTU, 29 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

SABTU, 29 OKTOBER 2022

PEKAN BISA XXX (Hijau)

St. Gaetano Errico;

BACAAN I: Flp. 1:18b-26;

MAZMUR: 42:2.3.5bcd;

BACAAN INJIL: Lukas 14:1.7-11

DOA PAGI:

Yesus, Engkau telah membuka mataku bahwa mencintai Allah dan mencintai manusia tidak pernah berat sebelah. Engkau menuntun aku untuk memelihara setiap peristiwa hidup dengan kacamata kebenaran sehingga tidak menyesatkan aku. Yesus, bantulah aku dalam mewujudkannya. Amin

RENUNGAN:

KUALITAS DAN RASA HORMAT 

Menjadi orang yang dihormati itu baik. Ada banyak hal yang bisa dilakukan kalau ada di posisi itu. Orang bisa memiliki kesempatan untuk mewartakan kebaikan Tuhan dengan lebih banyak orang. Orang yang dihormati biasanya memiliki kualitas yang sepadan dengan rasa hormat yang diberikan kepadanya. Belas kasih, kejujuran, dan kerendahan hati adalah beberapa hal yang melekat dalam diri orang-orang yang pantas untuk dihormati. Rasa hormat yang diberikan kepada pribadi yang memiliki kualitas ini akan selalu bertahan bahkan kematian pun tidak bisa menjadi batasannya. Ada banyak tokoh gereja yang menjadi saksi bagi kita dalam hal ini. 

Santo Yohanes Paulus Il, Santa Teresa dari Kalkuta, dan para kudus lainnya adalah contohnya. Hari ini Yesus mengajarkan kita bagaimana seharusnya kita bersikap dalam hidup. Tidak meninggikan diri dengan mengambil tempat-tempat duduk terhormat adalah satu dari sekian banyak hal yang Yesus ingatkan. Banyak kenyataan miris dan menyedihkan yang bisa kita saksikan dalam kehidupan ini ketika orang bersikap angkuh dan meninggikan diri. Ada yang harus menanggung malu bahkan tidak jarang diasingkan dari lingkungannya. Ini menandakan bahwa keinginan untuk dihormati dengan cara yang dipaksakan hasilnya bisa dipastikan akan selalu berdampak buruk. 

Belajarlah selalu untuk memiliki kualitas kerendahan hati. Hanya dengan kerendahan hati yang baik, kita akan menerima hal-hal yang sering kali tidak terduga. Tuhan yang mencintai kita bahkan menunjukkan kepada kita cara-cara untuk menggapai rasa hormat dengan kerendahan hati. Bacalah sabda-Nya, dengarkan suara-Nya, dan renungkan selalu perkataan-Nya. Dari sana akan mengalir banyak hal yang mendatangkan kebajikan dalam kehidupan kita. 

Berilah waktu untuk sabda-Nya yang tidak akan pernah mengecewakan kita. Percayalah, kita akan memiliki kualitas yang berbeda dan sepadan dengan rasa hormat yang akan kita terima. Amin.

"Yesus Kristus adalah semua kekayaanku;
Dia saja sudah cukup bagiku"

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SABTU, 29 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel