RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 16 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

MINGGU, 16 OKTOBER 2022

PEKAN BIASA XXIX (HIJAU)

Hari Minggu Evangelisasi

St. Gerardus dr Mayella;

BACAAN I: Kel. 17:8-13

Mzm. 121:1-2.3-4.5-6.7-8;

BACAAN II: 2Tim. 3:14-4:2; 

BACAAN INJIL: Lukas 18:1-8

RENUNGAN HARIAN:

BERIMAN DALAM KETIDAKPASTIAN HIDUP 

Saudara-saudari, hidup manusia dipenuhi oleh ketidakpastian. Ketidakpastian merupakan bagian dari hidup manusia. Kenyamanan dapat seketika berubah menjadi kegelisahan, kebahagiaan menjadi kesedihan, suka menjadi duka. Ketidakpastian ini dapat dilihat jelas dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, suatu ketika saya dikejutkan oleh berita bahwa teman saya meninggal dalam kecelakaan motor. Padahal sehari sebelumnya saya menyaksikan videonya sedang live bernyanyi di facebook. Pengalaman lainnya adalah ketika saya mendengar seorang teman yang pada suatu hari mengalami kecelakaan parah. Padahal, tidak lama sebelum kecelakaan itu kami masih duduk bersama dan bersenda gurau. Mungkin kita pernah mengalami hal serupa. Sesuatu hal maupun peristiwa dapat datang dalam hidup kita tanpa diduga. Hal sebaliknya pun dapat terjadi, apa yang begitu kita harapkan nyatanya tidak terjadi. 

Dalam Injil yang kita baca hari ini, Tuhan Yesus meminta kita untuk menghadapi ketidakpastian itu dengan tidak jemu-jemu berdoa. Yesus meminta kita untuk setia berdoa kepada-Nya. Kesetiaan kita berkanjang dalam doa niscaya akan mendapat ganjaran dari Tuhan, "Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah la mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka? Aku berkata kepadamu: la akan segera membenarkan mereka" (ay.7-8a). Singkatnya, Yesus meminta kita untuk beriman kepada-Nya. 

Para saudara-saudari, ketidakpastian hanya dapat dihadapi dengan beriman. Iman tidak membuat segala sesuatu berjalan dengan mulus sesuai rancangan atau keinginan kita. Imanlah yang memampukan kita untuk setia berjalan dalam ketidakpastian hidup. Dalam ketidakpastian itu, iman meneguhkan kita sehingga bersama pemazmur kita berseru, "Pertolongan kita ialah dari Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi." (Fr. Rori Prima Simbolon, O.Carm)

"Doa menarik Roh Kudus ke dalam jiwa
dan mengangkat manusia ke surga"


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 16 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel