RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 2 NOVEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 2 NOVEMBER 2022

PEKAN BIASA XXXI

HR PENGENANGAN ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN (UNGU)

BACAAN I: 2Kor.4:14-5:1

MAZMUR: 103:8.10.13-14.15-16.17-18;

BACAAN II: Rm. 8:31b-35.37-39;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 6:37-40

Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

RENUNGAN:

Setiap 2 November, Gereja Katolik merayakan peringatan arwah semua orang beriman. Gereja meyakini bahwa tidak semua yang meninggal langsung menuju ke surga, melainkan mereka masih ada yang berjuang di api penyucian, yang membutuhkan doa-doa kita. Kita percaya bahwa Tuhan menyediakan tempat bagi kita semua. Dalam 2Kor. 5:1 dikatakan: "karena kami tahu bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal...." Tetapi untuk memperoleh tempat itu, kita perlu berjuang. Demikianlah para arwah orang beriman juga berjuang untuk memperoleh tempat yang dijanjikan Allah, dan kitalah yang masih hidup ini harus membantu mereka untuk memperoleh anugerah kehidupan kekal. 

Yesus pun menjanjikan tempat untuk kita semua. "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus" (Luk. 23:43); "Janganlah gelisah hatimu, percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal" (Yoh. 14:1-2). Tempat tinggal di surga diperuntukkan bagi semua orang beriman. Maka, dengan peringatan arwah semua orang beriman ini, mari kita tak henti-hentinya mendoakan mereka agar mereka mendapatkan pengampunan dan kerahiman Allah, sehingga mereka berbahagia dalam kehidupan kekal. Bagi kita yang masih hidup, mari kita mengisi lembaran hidup kita dengan hal-hal yang bermutu, sehingga hidup kita menjadi persiapan nyata untuk kehidupan kita di surga kelak. 

Ya Allah, semoga arwah orang beriman memperoleh kerahiman dan pengampunan- Mu, sehingga mereka boleh berbahagia dalam kehidupan surgawi. Amin.

0 Response to " RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 2 NOVEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel