RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 6 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 6 OKTOBER 2022

PEKAN BIASA XXVII (HIJAU) 

St. Bruno; B. Isidorus

BACAAN I: Gal. 3:1-5

MAZMUR: Luk. 1:69-70.71-72.73-75;

BACAAN INJIL: Injil Lukas. 11:5-13

Lalu kata-Nya kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara. Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya. Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

RENUNGAN

Sekiranya Paulus bertanya kepada kita: "Adakah Dia yang menganugerahi kalian Roh dan melakukan mukjizat di antara kalian melakukannya demikian karena kalian melakukan perbuatan hukum, atau karena kalian percaya akan pewartaan Injil?" Mungkin kita balik bertanya: "Apa maksudnya 'menganugerahi Roh'?" Kita sudah menerima Roh Kudus saat kita dibaptis dan diurapi krisma, tetapi banyak dari kita tidak mengalami buah-buah dari sakramen tersebut. Kesulitan ini disebabkan oleh sikap batin yang kurang baik dan tidak ada kehausan akan Roh. Dalam Gereja ada berbagai gerakan dan kegiatan, misalnya gerakan karismatik, yang dapat membuka diri kita terhadap Roh Kudus. Kita dapat memilih satu dari gerakan atau kegiatan tersebut. Mari kita melibatkan diri dalam kegiatan gerejawi yang memampukan kita untuk merasakan sentuhan Roh. 

Di atas semua kegiatan dan gerakan tersebut, kita diajak Yesus untuk meminta Roh Kudus kepada Bapa, Kita boleh meminta apa saja, tetapi kita tidak boleh lupa meminta Roh Kudus. Meminta Roh Kudus berarti meminta Dia menuntun hidup kita. Kita akan dibebaskan dari keinginan daging, misalnya ketidakmurnian, kebencian, dan hawa nafsu, dan kita akan dituntun kepada buah-buah Roh, misalnya kasih, sukacita, dan damai. Mari kita berseru meminta Roh Kudus kepada Bapa, Dia akan mengaruniakan-Nya kepada kita. 

Utuslah Roh-Mu, ya Tuhan, dan jadi baru seluruh muka bumi. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 6 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel