RENUNGAN HARIAN (SENIN, 12 SEPTEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

SENIN, 12 SEPTEMBER 2022

PEKAN BIASA XXIV (Hijau)

Pesta Nama Maria yang Tersuci

BACAAN I: 1Kor. 11:17-26

MAZMUR: 40:7-10.17;

BACAAN INJIL: Lukas. 7:1-10

RENUNGAN HARIAN:

WASPADA AROGANSI IMAN 

Banyak orang Kristen mengaku sudah diselamatkan sehingga merasa lebih baik daripada orang lain. Semangat ini kian kental saat mereka membandingkan diri dengan orang yang belum percaya. Fenomena ini membuat kita bertanya-tanya, 'Apakah sikap seperti ini dibenarkan?" 

Seorang perwira Romawi yang takut akan Allah dan sangat mengasihi orang Yahudi. Setidaknya, ini dibuktikannya ketika ia mau menanggung biaya pembangunan rumah ibadat (4-6). Perwira ini juga sangat mengasihi hambanya. Ketika hambanya sakit, melalui tua- tua Yahudi, ia meminta agar Yesus datang untuk menyembuhkan. Kejadian aneh pun muncul. Ketika Yesus sudah mendekat, perwira itu malah meminta sahabatnya menghalangi-Nya. Tindakan ini sungguh tidak sopan. Namun, alasan dari tindakan ini sangat mengharukan. la melakukan itu karena merasa tidak layak menerima dan menjamu Yesus. Mungkin, perwira itu merasa sangat berdosa sehingga tidak pantas menerima tamu semulia Yesus. Yesus mengagumi iman perwira ini. Setelah orang-orang suruhan itu kembali ke rumah, mukjizat pun terjadi. Mereka mendapati bahwa hamba sang perwira telah sehat. 

Kisah ini mengajarkan kita tentang cara bersikap terhadap sesama. Walau status sosial perwira itu hebat, namun ia tidak angkuh. Pertama, ia tetap mengasihi hambanya; kasihnya tidak dibangun berdasarkan status sosial dan ekonomi. Kedua, walaupun berjabatan perwira, ia tetap sadar diri di hadapan Yesus. la menunjukkan bahwa jabatan bukanlah elemen utama dalam memberi penghormatan. Waspadalah terhadap arogansi imanmu. 

Sikap rendah hati adalah langkah yang tepat untuk melawan sikap arogan. Suatu sikap di mana seseorang tidak pernah merasa lebih baik dari orang lain. Perwira itu menghormati Yesus dan mengasihi sesamanya dengan tulus. Bagaimana dengan kita? Tuhan, ajar kami untuk rendah hati. (Rm. Adrianus Feriyanto, O.Carm.) 

"Selalu ada harapan 
ketika kita selalu berharap pada Tuhan"

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SENIN, 12 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel